PKU Surakarta Terima Kunjungan Perwakilan 10 Negara Asia Afrika

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 27 April 2019 10:57 WIB
MUHAMMADIYAH. ID, SURAKARTA-RS PKU Muhammadiyah Surakarta menerima kunjungan 24 partisipan dari 10 Negara Asia Afrika dalam rangka Kunjungan Lapangan “Training on Strategic Partnership with Moslem Religious Leaders (MRLs) in Family Planning” yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan dan Kerjasama Internasional BKKBN, Kementerian Sekretariat Negara RI,  dan United Nations Fund for Population Activities (UNFPA) pada Jum'at (26/4).
 
Kunjungan langsung diterima oleh Ketua MPKU-PS Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, Direksi RS PKU Muhammadiyah Surakarta beserta staff medis pelayanan KB rawat jalan dan rawat inap di Aula Baitul Hikmah RS PKU Muhammadiyah Surakarta. 
 
Rombongan dipimpin oleh Alifah Nuranti, (BKKBN), Ricky Syalendra, (Kementerian Sekretariat Negara RI), dan Samidjo (UNFPA), dan  Furqon La Faried selaku Fasilitator mendampingi 24 partisipan dari Negara Bangladesh, Philipina, Mali, Mesir, Nepal, Nigeria, Pakistan, Sri Lanka, Sudan dan Indonesia. 
 
Dalam sambutannya, dr. Arief Budiman, Wakil Direktur Pelayanan Medis RS PKU Muhammadiyah Surakarta menyambut baik kunjungan ini yang merupakan kehormatan bagi RS PKU Muhammadiyah Surakarta, dan diharapkan bahwa apa yang akan didapatkan partisipan selama kunjungan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta bermanfaat positif untuk keberhasilan program KB yang didukung oleh pemuka agama dan ulama di masing-masing Negara.
 
Sementara Soffin Arfian, selaku narasumber dalam  paparannya menjelaskan bahwa pelayanan KB di RS PKU Muhammadiyah Surakarta sesuai dengan syariah agama yang mengacu pada fatwa MUI dan Majlis Tarjih Muhammadiyah.
 
Dalam pelaksanaannya, tetap harus mengikuti persyaratan sesuai indikasi medis. Alur pelayanan yang berjalan meliputi : konseling dengan Alat Bantu Pemberi Keputusan (ABPK) kepada pasangan akseptor KB, persetujuan pasangan sangat diperlukan dalam pemilihan jenis kontrasepsi baik IUD, Implant, Suntik dan MOW.
 
Dalam kunjungan tersebut, Partisipan dan pendamping mengikuti Live Demo tindakan MOW (Metode Operatif Wanita) dari Kamar Operasi yang sedang berlangsung disaksikan di Aula RS.  Dan di akhir acara, dilakukan Kunjungan lapangan ke fasilitas dan alur pelayanan program KB di RS PKU Muhammadiyah Surakarta didampingi oleh Manager Instalasi Rawat Jalan dan Koordinator Poliklinik.
 
Guna mendukung program Keluarga Berencana, RS PKU Muhammadiyah Surakarta telah menjalin kerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Surakarta untuk pelayanan kontrasepsi mantap Medis Operasi Wanita (MOW).
Shared:
Shared:
1