Muhammadiyah Sumut Terus Galang Dana Untuk Pengungsi Rohingnya

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 03 September 2012 07:54 WIB

 

Medan-nPimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara (PWMSU) akan melakukankoordinasi dengan pemerintah daerah dalam ha ini Kanwil Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Sumut seputar penanganan pengungsi Rohingya yang ada di daerah itu. Penjelasan itu disampaikan Ketua PWMSU Porf.Dr. H. Asmuni MA  ( foto wawancara ) kepada wartawan di Kampus UMSU usai acara Silaturrahim Keluarga Besar Muhammadiyah, Ahad (2/9)

 

Bersamaan dengan kegiatan Silaturrahim itu, Keluarga Besar Muhammadiyah Sumut berhasil menggalang dana sebesar Rp 18 juta. Jumlah itu akan menambahi dana yang sudah digalang lebihawal oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Medan melalui kegiatan Shalat Ghaib di 98 Masjid Taqwa yang ada di Kota Medan. Dari informasi yang diterima reporter Website Muhammadiyah, PDM Kota Medan berhasil menggalan dana sekitar Rp 40 juta.

 

Kata Asmuni, dari pihak Kanwil nantinya dapat diperoleh informasi yang akurat apa yang dibutuhkan pengungsi sesungguhnya. Apakah pengungsi perlu ditempatkan diamal usaha milik Muhammadiyah, seperti sekolah atau Muhamamdiyah perlu ‘menerjunkan’ pendidiknya ke pengungsianagar anak-anak Rohingya mendapatkan pendidikan yang layak selama dipengungsian.

 

Hal ini , katanya, adalah hak bagi siapa saja untuk menimba ilmu pendidikan. Sehingga langkah tersebut sudah kita lakukan dengan mengkordinasikan dengan pihak Imigrasi. Begitu punpenggalangan dana dan bantuan dari para donatur terus dikumpulkan sehingga apa yang menjadi kebutuhan para pengungsi seperti kesehatan dan pendidikan ini bisa diperoleh selama dilokasi pengungsian. ***shd-mpisu

Shared:
Shared:
1