Mahasiswa UMY Selenggarakan Pemeriksaan USG Gratis

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 25 Februari 2019 10:34 WIB

MUHAMAMDIYAH.ID, BANTUL – Dalam rangka memperingati MILAD Ke-19 TBM (Tim Bantuan Medis) ALERT, mahasiswa Program studi Kedokteran Umum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan kegiatan Pemeriksaan USG Gratis (PUG) yang ditujukan kepada ibu hamil di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.

Kegiatan ini dihadiri oleh 40 peserta ibu hamil, dengan rentang usia kehamilan 10 Minggu hingga 33 minggu. Kegiatan yang mengusung tema LAKTASI (Langkah Sehat Awali Kehamilan tuk Generasi Impian) bertempat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Ahad (24/2).

Acar ini dihadiri Dokter Joko selaku pembina TBM ALERT FKIK UMY, kemudian dilanjutkan penyuluhan kesehatan dalam kehamilan oleh Dokter Alfun Dhiya dan sesi tanya jawab. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan Antenatal Care (ANC) untuk detak jantung janin, puncak rahim, dsb. Tujuan pemeriksaan USG adalah untuk mengetahui posisi janin, memantau pertumbuhan janin, jenis kelamin bayi. Para ibu hamil dapat melakukan Mother Caring yaitu konsultasi kandungan dengan Dokter Alfun Dhiya, Dokter Rachmi Ilmiyati, Dokter Belva Genosida, dan Dokter Nadia.

“Harapannya para ibu hamil dari kalangan manapun dapat sadar tentang kesehatan pertumbuhan janin sejak dini dan memantau posisi janin serta menetukan usia kehamilan bayi agar dapat memperkirakan kapan bayi akan lahir,” kata Dokter Joko, selaku pembina TBM ALERT FKIK UMY.

Tim Bantuan Medis Asy-Syifa Emergency Rescue Team atau biasa disebut TBM ALERT FKIK UMY adalah organisasi berbasis sosial kemasyarakatan yang tiap tahunnya mengadakan acara sosial, mulai dari Pemeriksaan mata gratis, Khitan gratis, Bakti Sosial, dan Pemeriksaan USG Gratis. TBM Alert juga biasa diminta untuk menjadi Tim Kesehatan dari luar FKIK UMY maupun luar UMY.(Syifa)

Sumber : Syifa Firza/UMY

 

Shared:
Shared:
1