Ketum PPNA Soroti Maraknya Peredaran dan Penggunaan Narkoba di Kalangan Pelajar

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 18 Januari 2019 11:05 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA – Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah (PPNA) Diyah Puspitarini prihain atas maraknya peredaran dan penggunaan narkoba dikalangan pelajar. Salah satunya yang terbaru yakni pada kasus narkoba yang disimpan di sebuah ruangan sekolah di wilayah Kembangan.

Diyah mengatakan, semestinya sekolah menjadi salah satu tempat yang aman secara sosial dan psikologis pada diri anak. Namun adanya penyalahgunaan lembaga pendidikan seharusnya menjadi perhatian seksama semua pihak.

Diyah meminta kepada masyarakat agar tidak secara sepihak menghakimi lembaga pendidikan tersebut, namun satu sisi lembaga pendidikan harus memaksimalkan bentuk perlindungan dan keamanannya dari berbagai sisi.

“Jangan sampai tanggung jawab keamanan dibebankan pada guru saja, tetapi seluruh civitas akademika juga harus terlibat aktif,” terang Diyah ketika dihubungi pada Jum’at (18/1).

Dengan penerapan manajemen berbasis sekolah,sebenarnya masyarakat memiliki peranan juga untuk mengawasi meski secara tidak secara langsung.

“Untuk itu solusinya perlu ada kerjasama antara keluarga dengan melihat perilaku anak yang mungkin bisa diinformasikan dengan pihak sekolah. Dan selanjutnya sekolah bekerjasama dengan BNN memberikan edukasi bagi anak-anak,” pungkas Diyah.

Shared:
Shared:
1