Universitas Ahmad Dahlan Siapkan Pendidik Berkarakter

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 14 Januari 2019 10:20 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, Yogyakarta—Mahasiswa Program Studi (Prodi) S2 Management (MP) Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) selengarakan Workshop Program Pemberdayaan Umat (Prodamat) pada Sabtu (12/1) di Gedung Muhammadiyah, Jl. KH Ahmad Dahlan, no. 103, Ngampilan, Yogyakarta.

Disampaikan Suyatno, Kepala Prodi MP UAD,  Prodamat merupakan wadah pembekalan bagi mahasiswa S2 MP UAD untuk siap terjun aktif ke tengah masyarakat.

“Selain aktif di dunia kampus, mahasiswa kita tuntut untuk aktif dan menyapa masyarakat berbekal kemampuan mereka di bangku kuliah,”  katanya.

Acara yang diselengarakan memiliki sasaran pada pengembangan dan pembinaan kompetensi guru di jenjang Sekolah Dasar yang berada di wilayah Kota Yogyakarta.

Diharapkan dari worshop yang dilakukan, guru bisa mengaplikasian model pendidikan karakter dengan pendekatan Living Values Education (LVE).

“Sepulang dari acara ini, diharapkan guru bisa mempraktekkan pendidikan berbasis nilai dan karakter kepada anak didiknya,” tambahnya.

Sehingga, dalam mengajarkan mata pelajaran atau yang lainnya kepada anak didiknya. Guru bisa memberikan contoh dengan sikap perilakunya, artinya antara materi dan karakter guru sinkron.

“Tidak bisa hanya menyampaikan dengan mengebu, tapi karakter dari guru sendiri masih rendah.” Jelasnya

Acara ini merupakan yang pertama diselengarakan, apabila nanti hasil dari program ini memberi dampak yang positif kepada sekolah. Suyatno berserta pihak UAD akan siap membantu sekolah yang menginginkan diselengarakannya program ini disekolah masing-masing. (Aan)

 

Shared:
Shared:
1