UM Purworejo Siapkan Pendidikan Sains di Era 4.0

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 08 Januari 2019 10:30 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, PURWOREJO – Perkembangan teknologi yang begitu cepat memungkinkan terjadinya otomatisasi hampir di semua bidang. Teknologi industri 4.0 yaitu gabungan dunia fisik, digital dan dunia maya telah mengubah pola hidup dan interaksi manusia, termasuk dalam dunia pendidikan. Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) sebagai salah satu yang telah melaksanakan proses pendidikan mengenai perkembangan teknologi dan sekitarnya menggelar Seminar Nasional ke-8 bertempat di Ruang Seminar Kampus Timur UMP pada Sabtu (5/1).

Dijelaskan Ketua Panitia R. Wakhid Akhdinirwanto bahwasanya guna mempersiapkan generasi ke depan yang mampu hadapi perkembangan teknologi maka harus dapat dimasukkan dalam sistem kurikulum yang ada. Tema yang diangkat pada semnas kali ini yakni Menyiapkan pendidikan sains di era revolusi industri 4.0.

“Otomatis mengubah cara beraktivitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas, dan transformasi dari pengalaman hidup sebelumnya. Mau tidak mau dunia pendidikan juga harus mengubah cara berintersksi melalui gerakan literasi baru yang terfokus pada literasi digital, literasi teknologi, dan literasi manusia. Literasi baru ini diintegrasikan pada kurikulum dan sistem pembelajaran sebagai respon terhadap era industri 4.0,”ungkap R. Wakhid  Akhdinirwanto.

Pembicara Dwi Sulisworo, Jeffry Handhika dan Siska Desy fatmaryanti yang dimoderatori oleh Supardianingsih dengan diikuti oleh kurang lebih 130 an peserta, dengan 78 peserta pemakalah dari dalam dan luar UMP. Diantaranya Universitas Muhammadiyah Hamka (UHAMKA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas PGRI Madiun, Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Universitas Trunojoyo Madura, UIN Sunan Kalijaga.

“Harapannya melalui proses semacam inilah pendidikan sains yang disiapkan ke depan mampu siap hadapi era industri 4.0 dengan segala perkembangannya,”ujarnya. (Syifa)

Kontributor : Akhmad Musdani 

Shared:
Shared:
1