Komitmen MDMC Sumbar dalam Misi Penanggulangan Bencana

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 03 Januari 2019 10:03 WIB

MUHAMMADIYAH.ID,PADANG -  Perlu mengetahui peta ketangguhan relawan, serta menyikapi rangkaian bencana yang terjadi, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Sumatera Barat (Sumbar) gelar rapat koordinasi pada Rabu (2/1).

Digelar di Gedung Dakawah Muhammadiyah Jl. Sawahan, No 62 Padang, rakor dihadiri oleh Wakil Ketua PWM Sumbar, Bakhtiar. Dalam sambutannya ia megatakan bahwa, MDMC sebagai kepanjangan tangan dari Muhammadiyah untuk kebencanaan harus agresif bergerak.

"Management bencana harus dilakukan setiap waktu, ada atau tidaknya kita terus begerak demi kemanusiaan," tambhanya.

Dalam bidang kerelawanan, ia berharap MDMC Sumbar bisa melakukan perekrutan mahasiswa yang memiliki perhatian dalam kebencanaan.

Sementara, ketua MDMC Sumbar, Medi Hendra mengungkapkan bahwa, pihaknya dalam merespon bencana tsunami yang melanda provinsi Lampung dan Banten beberapa waktu lalu telah melakukan penggalangan logistik untuk keperluan penyitas dan telah menerjunkan relawannya untuk ditempatkan di lokasi bencana.

"Tanggap darurat bencana selat sunda terus dilakukan hingga 26 Januari 2019 terkait pengumpulan Rendang dan logistik lainnya untuk korban tsunami Selat Sunda," ujarnya

Dari koordinasi yang dilakukan ini, diharapkan MDMC Sumbar lebih intens lagi melakukan koordinasi dengan pihak luar yang memiliki kaitan dengan kebencaan. Hal tersebut merupakan suatu yang penting, karena penanggulangan bencana tidak bisa dilakukan hanya satu pihak, melainkan perlu kejasama antar pihak lainnya. (a'n)

Shared:
Shared:
1