Pentingnya Ukhuwah sebagai Persatuan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 02 Januari 2019 08:41 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, BANDUNG – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat, Didik Dahlan Lukman mendorong masyarakat untuk meningkatkan tali silaturahmi antar sesama muslim. Menurutnya, jalinan ukhuwah inilah yang semakin mengeratkan persatuan bangsa.

Hal ini disampaikan dalam kultum di acara Muhasabah akhir tahun Republika di Masjid Pusdai Jawa Barat, pada Senin (31/12/2018). Didik menuturkan, Rasulullah SAW mengajarkan banyak hal untuk diteruskan oleh umatnya. Salah satunya adalah akhlak kepada sesama manusia.

“Pertama adalah sebarkan salam, kedua berikan rizki kita, ketiga senantiasa mempererat tali silaturahmi, keempat adalah banyaknya sholat di waktu malam ketika orang sedang tertidur nyenyak,” katanya.

Menurutnya, dari empat hal tersebut yang terpenting adalah berkaitan dengan silaturahmi. Dimana Rasulullah SAW sangat menekankan pentingnya ukhuwah Islamiyah untuk kebersamaan Muslim di dunia.

“Iniah pentingnya menjalin ukuwah untuk persatuan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia menilai momen Muhasabah menjadi salah satu media menjalin ukhwah Islamiyah. Hadirnya masyarakat dari berbagai daerah dan kalangan tanpa mengenal latar belakang datang ke masjid untuk mengisi akhir tahunnya dengan merenung, agar ke depannya bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Dia berharap, ukhuwah ini bisa terus terjalin terutama kepada sesame Muslim. Sehingga, bangsa Indonesia bisa semakin bersatu untuk menggapai kemajuan negara. (Andi)

 

Shared:
Shared:
1