STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta Gelar Workshop Etik Dasar dan Penelitian Kesehatan Online

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 19 Desember 2018 10:54 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, SURAKARTA -- LPPM STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta bekerja sama dengan Kemenkes RI menyelenggarakan worksop etik dasar dan lanjut dalam penelitian kesehatan secara online dan akreditasi KEPK 2019  pada 17-19 Desember 2018.  

Disampaikan Weni Hastuti, kegiatan workshop ini mempunyai tujuan untuk mendorong pemahaman dan penerapan prinsip dan wawasan etik penelitian yang melibatkan manusia sebagai subyek.

“Juga untuk memahami dan menerapkan penggunaan pedoman mutakhir etik penelitian, memahami standar persetujuan kelaikan etik usulan protokol penelitian oleh KEPK secara universal. Sehingga nantinya tenaga kesehatan mampu menyusun protokol penelitian sesuai dengan pedoman etik mutakhir, memahami dan menerapkan managemen kesekretariatan dan prosedur operasional KEPK,” ujar Weni.

Sementara Ketua Pelaksana Ida Untari, berharap, para tenaga kesehatan mampu menerapkan prinsip etik dan wawasan berpikir ilmiah dan berpikir etik dalam melaksanakan penelitian kesehatan yang melibatkan subyek manusia.

“Diharapkan juga memiliki kemampuan berpikir ilmiah dan etik pada penelitian sosial, kesehatan masyarakat, klinis dan GCP. Serta peserta diharapkan mampu menerapkan managemen kesekretariatan dan prosedur operasional KEPK,” katanya.

Rangkaian kegiatan ini terdiri dari pelatihan/penyegaran etik penelitian dirancang oleh KEPPKN secara berjenjang dan berkesinambungan sebagai berikut, Etik Dasar (Responsible Conduct of Research and Research Ethics), Etik Lanjut (Advanced Research Ethics) terfokus pada, Kelompok penelitian sosial dan kesehatan masyarakat, dan Kelompok penelitian klinis, terdiri dari epidemiologi klinis, uji klinis, GCP (Good Clinical Practice). (nisa)

Sumber: Teguh Wahyudi

 

Shared:
Shared:
1