Nahkoda Baru MDMC Sulteng Diharap Menjadi Pionir Penanggulangan Bencana

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 13 Desember 2018 12:12 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, PALU – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Tengah (Sulteng) secara resmi melantik Pimpinan baru Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) 2015-2020 bertempat di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika (FKIP)  Universitas Muhammadiyah Palu, Rabu (12/12).

Dalam sambutannya, Ketua PWM Sulteng berharap agar kedepannya MDMC Sulteng dapat menjadi pionir lembaga penanggulangan bencana non pemerintahan untuk Provinsi Sulteng.

“Saya berharap apa yang diraih MDMC Pusat yang meraih penghargaan dari Kementrian Dalam Negri (Kemendagri), dapat pula ditunjukkan oleh MDMC Sulteng,” kata dia.

Sementara itu, Ketua MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah  Budi Setiawan berpesan agar MDMC Sulteng tetap eksis membantu masyarakat di seluruh daerah Sulteng.

Menurutnya, para pimpinan yang terpilih ini sudah teruji dan bekerjasama langsung dengan relawan MDMC lainnya. “Diantaranya, membantu dalam penanganan bencana gempa, tsunami, dan lievakuasi dibeberapa daerah Sulteng beberapa waktu yang lalu,” ujar Budi.

Budi juga mengatakan bahwa sebagai relawan penting untuk meningkatkan kapasitas diri. Selain itu, juga bekerja sama dengan berbagai pihak. “Kerjasama bisa dilakukan dengan berbagai pihak baik lembaga otonom Muhammadiyah serta lembaga kemanusiaan yang fokus pada penanggulangan bencana,” jelasnya.

Pergantian Pimpinan tersebut menghasilkan Moh. Misbahuddin sebagai Ketua MDMC Sulteng 2015-2020. Seluruh Pimpinan MDMC Sulteng nantinya akan mengikuti pelatihan managemen kebencanaan oleh tim MDMC PP Muhammadiyah. (Syifa) 

 

Shared:
Shared:
1