UMSU Kembangkan Internasionalisasi Kampus

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 03 Desember 2018 14:13 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, MEDAN - Mengkampanyekan pentignya internasionalisasi kepada mahasiswa, Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional (LKUI) Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU) gelar acara Training Voulenteer in Action mulai tanggal 1 sampai 2 Desember 2018 di Kampus UMSU.

Wakil rektor I UMSU Muhammad Arifin Gultom dalam arahannya menyampaikan, bahwa UMSU bertekad menjadikan aktivitas internasionalisasi kampus sebagai  salahsatu sektor yang akan diprioritaskan pengembangannya ke depan nanti.

“Karenanya, kita mengapresiasi  dan sangat mendukung kebijakan tentang  internasionalisasi  PTM yang digagas dan digalakkan Majlis Diktilitbang PP Muhammadiyah,. Ini merupakan program strategis, ” ungkapnya.

Internasionalisasi yang awalnya lebih didominasi oleh dosen, pada sekarang ini mulai ada trend yang berbeda karena mahasiswa sudah banyak yang berpartisipasi.

Internasionalisasi di UMSU dimulai pada tahun 2016, ditandai dengan pengiriman sejumlah mahasiswa untuk magang di Jepang. Menurut Eka Airlangga, Ketua LKUI UMSU hal ini termasuk terlambat karena keberadaan mahasiswa asing di UMSU sudah ada sejak tahun 90-an.

Eka menjelaskan bahwa konsep internasioanalisasi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah/’Aisyiyah (PTMA) memiliki ciri khas tersendiri.

“Kita bukan cuma fokus dalam pengembangan IQ (Intellegence Quotient ) dan EQ (Emotional Quotient ) semata,  tapi kita juga  memperhatikan pentingnya menanamkan  SQ (spiritual quotient) yang didalamnya terkandung muatan nilai-nilai ke-Islaman dan  ke-Muhammadiyahan yang menjadi karakter dan ciri khas kita sebgai Perguruan Tinggi milik Muhammadiyah,” pungkas Eka. (a'n)

Shared:
Shared:
1