Wujud Ta’awun PCIA Malaysia Bagi Anak Yatim dan Fakir Miskin

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 26 November 2018 14:08 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, MALAYSIA – Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) Malaysia beserta sejumlah organisasi islam lainnya menyelenggarakan program “Sunatan Massal” pada Ahad (25/11) di Kuala Lumpur Malaysia. Program ini bertujuan untuk membantu mengkhitankan anak-anak fakir miskin dan juga yatim piatu secara gratis.

Ketua ‘Aisyiyah Malaysia, Nita Nasyithah menekankan aspek silaturahmi antar komponen masyarakat Indonesia di Malaysia dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan bermanfaat.

“Kegiatan ini juga dalam rangka meramaikan peringatan Milad 106 Muhammadiyah. Jika tema umum yang diambil adalah "Taawun untuk Negeri", maka dengan kegiatan ini kami sedang ber-Taawun dari luar negeri,” kata Nita.

Adapun organisasi-organisasi islam yang terlibat diantaranya Pengurus Masjid Zaid bin Haritsah, Pimpinan Cabang Istimewa Muslimat NU Malaysia, Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama dan Pimpinan Cabang Istimewa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Malaysia.

“Total anak yang mengikuti khitanan ini ada 61 orang anak, diantaranya adalah anak-anak buruh migran dan mahasiswa Indonesia di Malaysia,” ujarnya.

Selain khitanan massal, ada pula pemeriksaan kesehatan, bekam, dan akupuntur gratis yang disediakan oleh tenaga ahli dari PCIM dan PCIA Malaysia.

Kemudian Pengarah JAWI Tuan Haji Mohd Ajib mengapresiasi peran kedua komunitas ormas Muhammadiyah dan NU yang ada di Malaysia dalam membantu kegiatan masjid.

“Walaupun masing-masing jamaah NU dan Muhammadiyah di Indonesia memiliki beberapa perbedaan dalam metodologi pengambilan hukum seperti penentuan waktu berpuasa dan berlebaran, namun di Malaysia kita semua memperhatikan undang-undang dan kearifan lokal sehingga terjaga persatuan dan kebersamaan antar ummat di Malaysia,” katanya. (nisa)

Sumber: Tim Media dan Informasi PCIA Malaysia

Shared:
Shared:
1