Fungsi Strategis Asrama Mahasiswa PTMA

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 24 November 2018 14:27 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, SEMARANG – Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Lincolin Arsyad, menyampaikan bahwa Majelis Diktilitbang akan terus mengawal perkembangan Asrama Mahasiswa PTMA. Hal tersebut disampaikan pada sambutannya dalam acara Musyawarah Nasional Asosiasi Pengelola Asrama Mahasiswa (Aslama) PTMA yang diselenggarakan di Hotel Gets, Semarang pada Kamis (22/11).

“Banyak pimpinan PTMA yang terkejut melihat gerak cepat Asrama. Ibarat bayi, baru 2 tahun, seharusnya baru belajar berjalan, tetapi ini malah langsung lari cepat sekali. Mereka yang kaget adalah pimpinan PTM yang tidak “ngeh”, yang kurang gaul, dan belum paham tentang manfaat dan fungsi strategis asrama mahasiswa saat ini,” katanya.

Lincolin mengatakan, keberadaan asrama ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Asrama telah mengawal terbentuknya Standar Pengelolaan Asrama Mahasiswa PTMA yang berisi standar kurikulum, standar profil lulusan, bahkan model pembinaan juga ada di sana.

Menurut Lincolin, PTM, Asrama, Majelis Diktilitbang, dan mahasiswa adalah 4 pilar yang harus difungsikan dan disinergikan dengan baik.  “Last but not least, kalau asrama sudah bagus, asrama bukan hanya menjadi tempat perkaderan, tapi juga merupakan profit center. Itu adalah nilai tambah yang didapatkan,” katanya lagi.

“Alumni kita kalau tamat hanya disebut lulusan Unimus, UMY, dll. Ia bukan atau belum disebut sebagai kader, hanya lulusan saja. Ini PR kita bersama. Asrama harus terus dikembangkan konten kurikulum yang dapat dikembangkan di asrama sehingga kekhawatiran kita tidak menjadi kenyataan,” pungkasnya. (Syifa)

Shared:
Shared:
1