UMM Lakukan Program Afirmasi Menengah Bagi Pelajar Papua dan Papua Barat

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 05 November 2018 10:47 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MALANG — Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mendapat kepercayaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) untuk program Afirmasi Menengah (Adem) bagi Pelajar Papua dan Papua Barat.

Pendampingan dilakukan padaSabtu  (3/11) dalam bentuk FGD siswa, serta pemberian pengarahan minat bakat dan motivasi siswa diberikan oleh Fakultas Psikologi UMM.

“Kita memetakan dan mengindentifikasi potensi siswa, agar guru pendamping dapat mengarahkan kelanjutan studi anak-anak dampingannya dari Papua. Kita juga mengarahkan siswa agar termotivasi untuk melanjutkan studi sesuai minat bakat, bukan hanya ikut-ikutan,” terang Zainul Anwar, Ketua Pelaksana.

Pada kegiatan ini diikuti oleh siswa Papua dan Papua Barat Sekolah Menengah Atas di wilayah Jawa Timur yang berada pada tingkat 10 dan 12. Dalam pemetaan pendampingan minat bakat, siswa kelas 12 lebih difokuskan pada pendampigan menghadapi peminatan studi lanjutan.

Selain pendampingan kepada siswa, Fakultas Psikologi UMM di tempat yang beda juga memberikan wadah kepada guru pendamping untuk berdiskusi dan sama-sama memecahkan masalah yang dihadapi tiap sekolah. Forum diskusi ini juga sebagai bahan acuan dan evaluasi Pemerintah untuk melanjutkan program ADEM selanjutnya.

 

 

Shared:
Shared:
1