RS PKU Muhamamdiyah Gamping Berikan Pelayanan Kesehatan Reproduksi Gratis

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 30 Oktober 2018 11:30 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SLEMAN – Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping bekerjasama dengan Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman menggelar Safari KB IUD dan Implant bertempat di Gedung CVC lantai 4 RS PKU Muhammadiyah Gamping, Selasa (30/10).

Dikatakan Isnawan, Direktur PKU Muhammadiyah Gamping, kegiatan ini merupakan salah satu layanan kesehatan yang kami lakukan bersama Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman.

“Pertama kami sangat mendukung kegiatan ini untuk kegiatan sosial kemasyarakatan sehingga kedepan tidak hanya berhenti pada kegiatan ini tapi kami bisa membantu kebutuhan masyarakat terutama di bidang pelayanan kesehatan yang lain,” ujarnya.

Isnawan berharap agar keseluruhan acara berlangsung dengan lancar sehingga kebutuhan masyarakat juga bisa tercukupi. Selain itu, kegiatan ini adalah sebagai bentuk perhatian PKU Muhammadiyah Gamping pada masyarakat Gamping.

Fitnaningsih, Penanggung Jawab Acara mengatakan bahwa kegiatan ini sebenarnya telah dilakukan beberapa kali. “Target perserta tahun ini hampir sama seperti tahun kemarin yaitu 70 orang. Kami melayani dari sektor KB Ayudi dan Implan,” kata dia.

Ia melanjutkan yang menjadi pembeda di tahun ini RS PKU Muhamamdiyah Gamping juga menyediakan tes PAP SEMIR gratis bagi peserta. “Kami menyediakan layanan tersebut karena seperti yang kita tau angka kematian perempuan akibat kanker serviks masih tinggi,” jelasnya.

“Harapannya ada kerjasama yang baik semuanya berjalan lancar. Untuk RS PKU Muhammadiyah Gamping kegiatan ini sendiri juga sebagai bentuk promosi layanan kita kepada masyarakat. Kami juga bekerjasama dengan Dinas untuk melakukan pelayanan sosial,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa tahun ini memang konsen pada pelayanan kesehatan perempuan. “Kalau biasanya kita untuk umum, sekarang mulai konsen ke perempuan, nanti akan kita galakkan setiap setahun sekali konsen untuk pelayanan kesehatan reproduksi perempuan,” jelasnya lagi.

Tidak hanya menyasar kalangan ibu-ibu, RS PKU Muhamamdiyah Gamping menargetkan bahwa mulai tahun depan akan mulai menyasar kalangan remaja. “Kami melihat bahwa sosialisasi kesehatan reproduksi pada remaja itu juga penting sehingga akan dilaksanakan penyuluhan kesehatan reproduksi. Terutama bagi mereka yang akan menikah,” pungkasnya. (Syifa)

Shared:
Shared:
1