Sumpah Pemuda Harus Jadi Spirit Gerakan IMM

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 29 Oktober 2018 14:55 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, SULAWESI SELATAN -- Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan pelantikan kepengurusan baru pada Sabtu (27/10) di Gedung Serbaguna ‘Aisyiyah Wajo.

Ketua DPD IMM (Sulsel) Soemitro Emin Praja dalam sambutannya menyampaikan bahwa momentum Sumpah Pemuda hendaklah dijadikan spirit gerakan IMM Kedepan.

"Di mana 90 tahun yang lalu para pemuda negeri ini berkumpul untuk menyatukan persepsi, gagasan dan spirit untuk memikirkan bangsa kedapan, sehingga inilah yang menjadi cikal bakal Indonesia bisa merdeka," tuturnya.

Emin menceritakan bahwa Kongres Pemuda ke-2 1928 di Batavia yang dihadiri oleh pemuda-pemuda hebat, yang diakhiri dengan ikrar Sumpah Pemuda harusnya menjadi  spirit baru bagi generasi muda sekarang.

Emin menjelaskan bahwa ada sembilan kelompok pemuda yang turut andil dalam Kongres Pemuda I dan Kongres Pemuda II diantaranya adalah Jong Java, Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi dan Jong Celebes.

"Mereka memiliki spirit persatuan sehingga mampu mempertemukan seluruh pemuda se-Nusantara, spirit inilah yang harus terpatri dalam diri kader IMM terkusus kepada PC IMM Kab. Wajo yang baru dilantik sehingga kedepan IMM Wajo bergerak terus berkemajuan," tegas Emin. (nisa)

Kontributor : Ilham Kamba

Shared:
Shared:
1