Ketertarikan Mahasiswa Asing Enyam Pendidikan di UM Purwokerto

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 27 Oktober 2018 22:20 WIB

MUHAMMADIYAH.ID, PURWOKERTO - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memiliki target untuk menjadi universitas kelas dunia. Sedikitnya 47 mahasiswa asing saat ini belajar di UMP.

“Ada 26 mahasiswa asing reguler dari Thailand, Korea Selatan, Sudan, Hungaria dan Turki, dan BIPA ada sekitar 4 mahasiswa dari Korea Selatan dan Perancis. Sementara Intern ada 1 dari Slovenia. Untuk mahasiswa BIPA yg udah lulus ada 21,” jelas Hanifah Al Shofianthi Staf Kantor Urusan Internasional (KUI) UMP, Sabtu (27/10/2018).

Shofi menjelaskan beberapa dari mahasiswa internasional mendapatkan beasiswa penuh program Kemitraan Negara Berkembang (KBN) dari Kementrian Riset, Tekonlogi, dan Pendidikan Tinggi.

“Kalo Thailand, ada kerjasama memang antara PP Muhammadiyah dengan MEDAT dan SBPAC namanya. Diharapkan mreka bisa jadi Kader Muhammadiyah di Thailand sana. Kalo Turki dan Korsel itu mreka Reguler,” katanya.

Sebelum datang ke UMP, mreka sudah diberikan bekal Bahasa Indonesia selama 1 bulan di Thailand. Lalu di UMP. “Jadi sebelum perkuliahan dimulai, kami fasilitasi juga kelas Bahasa Indonesia kurang lebih selama 3 bulan,” paparnya.

Lebih lanjut, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Santhy Hawanti, Ph.D. memaparkan berbagai program di KUI diantaranya, International Internship Program, Magang Internasional, PPL Internasional, Credit Earning, Erasmus+, Alumni Mengajar, BIPA Program, Joint Research. “Pernah mahasiswa Belanda ada 4 mahasiswa di UMP, Joint Conference juga pernah ada itu di FIKes (Fakultas Ilmu Kesehatan) Lecturer Visit dan Sit in Program,” pungkasnya. (tgr/humas UMP)

Shared:
Shared:
1