Semarak Ramadhan Universitas Muhammadiyah Surakarta 1433 H

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 02 Agustus 2012 14:05 WIB

Surakarta- Bulan Ramadhan memang bulan yang sangat dinanti oleh seluruh umat Islam didunia, tidak terkecuali kaum muslimin di Indonesia. Sebagai kampus yang berbasis Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tidak ingin ketinggalan dalam menyemarakan bulan yang penuh berkah ini. Nampaknya liburan semester bukan sebuah halangan untuk kehilangan spirit Ramadhan yakni untuk terus berdakwah dan berbagi ilmu.

 

Seperti yang dilakukan oleh para JMF (Jamaah Masjid Fadhlurrahman) sebagai salah satu organisasi keislaman, selama bulan Ramadhan ini menyelenggarakan berbagai kegiatana keagamaan yang terangkai dalam acara Semarak Ramadhan (SR) 1433 H. Kegiatan ini telah dimulai sejak hari pertama dibulan Ramadhan hingga kari ke-24 Ramadhan mendatang.

 

Acara dibuka dengan kajian dan buka bersama, dengan pembicara Ust. Drs. Najumudin Zuhdi, MA selaku Ketua LPID UMS. Agenda Ramdhan berikutnya dilanjutkan dengan diselenggarakannya Seminar Nasional dengantema “Wujudkan Ramadhan tahun ini, sebagai titik awal kebangkitan melawan orientalisme barat” pada 22 Juli yang lalu.  Bertempat di Auditorium Muh. Djazman, acara ini dihadiri tidak hanya dari eks karisidenan Surakarta, akan tetapi  peserta dari luar kota pun juga berbondong-bondong untuk hadir, antara lain dari Semarang dan Salatiga.

 

Pada tanggal 29 Juli, JMF telah mengadakan Talk Show bertajuk “Menelisik Puasa Ramadhan dari Kacamata Kesehatan, Psikologi, dan Agama”. Seperti disampaikan Sekretaris Panitia SR 1433 H, Qomaroh, kegiatan tersebut dilaksanakan di tempat terbuka (out door) agar suasana yang terbangun dapat lebih santai dan ringan sehingga materi yang disampaikan dapat lebih mudah untuk diterima oleh peserta.

 

Tidak hanya berhenti pada aspek penguatan keilmuan secara personal, JMF juga mengadakan pelatihan bagi para calon da’i/daiyah dalam Training da’i daiyah dengan tema “Meramaikan Ramadhan bersama Taman Pendidikan Al-Quran” sehingga diharapkan mampu menghasilkan da’i yang berkompeten dalam membangun umat. Pada kegiatan training tersebut akan menghadirkan pendongeng nasional, Ust. Wuntat W S, S.Ag sebagai pembicara. Sebagai bentuk pelayanan terhadap umat, dalam bulan Ramadhan kali ini juga akan diadakan acara Baksos (Bakti Sosial) pada 11 Agustus mendatang.

 

Serangkaian acara SR ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Mari manfaatkan bulan yang penuh berkah ini untuk memperluas wawasan kita bersama Semarak Ramadhan 1433 H agar puasa kita dapat lebih bermanfaat dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. (www.ums.ac.id)

Shared:
Shared:
1