Hizbul Wathan Tanamkan Kemandirian Melalui Berkemah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 23 Oktober 2018 10:13 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SOLO – Hizbul Wathan Qobilah SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo mengadakan kegiatan perkemahan di Wisata Agro Kampoeng Karet Ngargoyoso, Karanganyar, Jumat-Sabtu (19-20/10/2018). Kegiatan tersebut, diikuti oleh 150 siswa kelas empat dan lima.

Kegiatan tersebut, mengusung tema "Semangat Menjadi Pandu Hizbul Wathan yang Berkemajuan".  Nur Hardiyono, Ketua Panitia mengatakan bahwa, tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk menciptakan sikap disiplin, mandiri, dan tanggung jawab.

"Kegiatan ini merupakan program tahunan sekolah di bawah koordinasi Wakasek Kesiswaan guna mendidik sikap kedisiplinan, kemandirian, dan rasa tanggung jawab," katanya.

Selama di perkemahan, peserta yang terbagi menjadi lima belas kuntum (regu) ini mengikuti beragam kegiatan yang dilombakan. Perlombaan tersebut meliputi, hasta karya dari barang bekas, yel-yel, baris-berbaris, pengenalan tanaman obat keluarga, pentas seni dalam api unggun, dan ketangkasan saat wide game menyusuri perkebunan karet

Kemudian Muhamad Arifin, Wakasek Kesiswaan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo mengungkapkan bahwa kegiatan kemah ini bersifat wajib bagi siswa kelas IV dan V, sebagai upaya agar siswa kuat fisik dan mentalnya.

“Penanaman karakter disiplin, mandiri, dan tanggung jawab sejak dini adalah hal penting sebagai bekal menghadapi masa depan yang penuh tantangan. Karakter tersebut merupakan soft skill yang harus dikuasai siswa kami sebagai antisipasi menghadapi masa depan,” imbuhnya.

Sementara Salah seorang peserta kemah, Nazwa Alynesya Ganesh, mengaku senang dengan kegiatan ini karena merupakan pengalaman pertama mengikuti perkemahan. "Saya sangat senang saat susur sungai dengan mata ditutup kain," ungkapnya. (nisa)

Sumber: Muhamad Arifin 

Shared:
Shared:
1