LPCR PP Muhammadiyah Lahirkan Banyak Ranting Unggul dan Berdaya

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 20 Oktober 2018 08:40 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MAGELANG -- Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) PP Muhammadiyah menggelar "Cabang dan Ranting Muhammadiyah Expo II 2018" pada 19-21 Oktober 2018 di lingkup Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Gunungpring, Muntilan, Magelang. Kegiatan ini diikuti oleh 250 peserta yang berasal dari ranting dan cabang unggulan se-Indonesia.

Ahmad Norma Permata, Ketua LPCR PP Muhammadiyah dalam sambut pembukaan expo mengatakan, ranting memiliki peran penting dalam persyarikatan Muhammadiyah. Oleh karena itu, terhitung sejak tahun 2010, Muktamar ke-46 Muhammadiyah menghasilkan keputusan untuk mendirikan LPCR.

"Alasannya adalah, saat itu Muhammadiyah mulai disibukkan dengan manajemen AUM, sehingga kegiatan di akar rumput (ranting) tidak terbina," jelasnya pada Jumat (19/10).

Ahmad menambahkan, adanya LPCR mampu mendorong lahirnya berbagai ranting unggul. Ia mencontohkan, misalnya ranting yang unggul dari segi pengelolaan AUM, manajemen jamaah, ekonomi kreatif dan lain sebagainya.

"Ternyata dengan adanya LPCR, kita jadi tahu bahwa Muhammadiyah punya banyak ranting berdaya. Lalu, peta ranting ini membuat kita bisa mengetahui seberapa berkembangnya sebuah ranting, apa kelemahan ranting tersebut dan apa solusi yang bisa dilakukan," tambahnya.

Terkait kegiatan expo ranting dan cabang ini, Ahmad mengatakan bahwa hal ini adalah bentuk dari   peer learning, yakni upaya saling belajar antar ranting dan cabang.

"Expo ini adalah upaya belajar dan penggembiraan. Harus bergembira dalam bermuhammadiyah. Saya berharap, semoga kegiatan ini bisa menuai kebaikan untuk internal, serta  menjadi sumber kesibukan positif terhadap kemandirian ekonomi dari segi eksternal," tutupnya. (nisa)

Shared:
Shared:
1