Sekolah Muhammadiyah Harus Mampu Menyesuaikan Perubahan Konstelasi Nasional dan Global

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 13 Oktober 2018 17:48 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, RIAU - Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PP Muhammadiyah Alpha Amirrachman mengataan bahwa sekolah dan madrasah Muhammadiyah harus terus bebenah diri menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Hal tersebut disampaikan Alpha saat pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Kedua yang diselenggarakan Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau pada Jum’at (12/10).

Menurut Alpha, pada era revolusi Industri ini nantinya akan ada 35% keterampilan utama yang akan hilang pada tahun 2030 dan pada tahun itu 65% siswa sekolah dasar akan mendapatkan jenis pekerjaan yang belum ada saat ini.

“Akan ada 14,4 juta tenaga kerja terampil yang akan berimigrasi antar negara ASEAN. Dengan demikian akan ada benturan atau gesekan kebudayaan dan peradaban,” ujar Alpha mengingatkan.

Alpha mendorong sekolah dan madrasah Muhammadiyah untuk betul-betul mempersiapkan siswa-siswinya agar mampu menyesuaikan diri dengan perubahan konstelasi nasional dan global.

“Agar sekolah dan madrasah Muhammadiyah tetap eksis dan lulusannya mampu bersaing dengan tenaga kerja lainnya baik dari dalam maupun luar negeri,” imbuh Alpha.

Ketua PWM Riau Saidul Amin, menyampaikan bahwa forum strategis ini merupakan wahana yang tepat untuk Majelis Dikdasmen PWM Riau dan unsur-unsur sekilah dan daerah duduk bersama untuk menyamakan persepsi dan mengatur gerak langkah ke depan.

Shared:
Shared:
1