Lazismu Jatim Kirim 2 Kontainer Bantuan untuk Korban Gempa Palu dan Donggala

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 07 Oktober 2018 12:22 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURABAYA - Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur mengirimkan bantuan 2 kontainer yang berisi sembako dan obat-obatan kepada korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Sabtu (6/10)

Logistik berupa sembako, air mineral kemasan, obat-obatan, mie instan, selimut, popok bayi, tenda dan banyak lainnya itu dilepas oleh Ketua Lazismu Jatim Zainul Muslimin. 

Zainul menyampaikan bahwa satu kontainer logistik bantuan diberangkatkan dari Kantor Muhammadiyah Jatim Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya menuju pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Selanjutnya logistik akan diberangkatkan menuju Palu, Sulteng dengan memanfaatkan jasa expedisi.

“Hari ini Lazismu telah memberangkatkan bantuan di dua tempat yakni dari Gedung Muhammadiyah Jatim ada dua kontainer dan dari Balikpapan dengan menggunakan pesawat Hercules, bantuan ini yang pertama dan akan terus dikirim,  sebab antusiasme warga untuk donasi dan mengirimkan barang datang terus menerus, "ungkapnya

Donasi yang terkumpul tidak hanya berupa uang, tapi juga sembako dan kebutuhan logistik lainnya termasuk obat-obatan. Selain itu, PWM Jatim juga memberangkatkan relawan mulai dari dokter, tim paramedis hingga tim untuk evakuasi jenazah yang berjumlah 20 orang.

Selain itu, panitia dan relawan di sana pun diakui telah mendata seluruh korban sebelum diserahkan.

“Nantinya akan diserahkan door to door. Jadi seluruh logistik dari seluruh Indonesia dan akan didistribusikan secara merata ke semua wilayah secara aman karena kontainer kita tertutup,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, Donggala diguncang gempa berkekuatan 7.7 SR sekira pukul 19.02 WIT. Pusat gempa berkedalaman 10km tersebut berada di 0,18° LS dan 119,85° BT atau 27km timur laut Donggala, Sulawesi Tengah beberapa pekan lalu.

Kontributor: Irvan Shaifullah

Shared:
Shared:
1