Bangun Pola Pendidikan Anak, SD Muhammadiyah Bayan Adakan Seminar Parenting

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 02 Oktober 2018 11:25 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO – Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan menyelenggarakan Smart Parenting dengan tema “Sinergisitas Pendidikan Keluarga dengan Pendidikan di Sekolah” di Aula Sekolah Inovatif SMP Muhammadiyah Jono Bayan pada Ahad (30/9). Agenda ini diikuti oleh seluruh wali siswa dari kelas 1 hingga 6 SD serta wali siswa SMP.  Acara ini, bertujuan untuk membangun pola pendidikan anak.

Disampaikan Amad Darusman, Kepala SD Muhammadiyah Bayan mengatakan bahwa orang tua harus mampu menguasai pola asuh untuk mendidik anak menjadi generasi yang sholeh dan sholehah.

“Upaya ini juga membutuhkan usaha orangtua. Jangan lepas tangan dan menyerahkan semuanya kepada pihak sekolah. Kita harus mendidik anak menjadi cerdas terampil dan bertaqwa kepada Allah SWT,” ujar Amad Darusman.

Smart Parenting sesi talkshow diisi oleh z Mohammad Fauzil Adhim, Pakar Parenting Islam dan juga penulis buku.

Fauzil mengatakan, dalam mendidik anak, teladan saja tidak cukup. Tetapi, perlu penanaman nilai-nilai keyakinan kuat yang bisa direnungi melalui QS An Nisaa ayat 9, salah satunya.

“Beberapa hal yang harus dikuasai dalam mendidik dan mengasuh anak yakni menjaga kepercayaan anak pada orang tuanya, orang tua memberikan teladan dengan penuh integritas, serta  pemberian dukungan secara maksimal,” ujarnya.

Di akhir, Fauzil menyampaikan bahwa orangtua juga harus menjadi pendengar yang baik. Sehingga selalu menjadi tempat ternyaman untuk anak. (nisa)

Kontributor: Akhmad Musdani

 

Shared:
Shared:
1