SMP Muhammadiyah Tiga Depok Raih Juara dalam Kompetisi Robot Internasional di Malaysia

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 01 Oktober 2018 12:12 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – SMP Muhammadiyah Tiga Depok Sleman (Mugadeta) meraih juara III, pada ajang Robotic Competition International di International Islamic University of Malaysia IIUM yang diselenggarakan pada tanggal 7 hingga 9 September 2018.

Sebelumnya SMP Mugadeta pernah menjuarai ajang serupa pada November 2017, yakni meraih 5 medali di Osaka dan Februari 2018 5 medali di Thailand.

Ari Gunawan, Guru Pendamping mengatakan bahwa ini adalah ajang yang penting karena membawa SMP Mugadeta keranah. “Kami melakukan persiapan seperti saat lomba-lomba biasanya. Kami latihan khusus di hari sabtu untuk membuat robot,” jelas dia saat dihubungi redaksi Muhammadiyah.or.id, Senin (1/10).

“Kami meraih juara ke 3, 4, 5, dan 6 kategori Time Rush (adu cepat melewati track yang ditentukan). Kami mengirimkan 4 tim kesana, untuk tim soccer berhenti di perempat final. Kami setidaknya melawan 80 tim lainnya yang berasal dari berbagai macam negara. Tim yang meraih juara 3 diantaranya, Tim Platinum FF atas nama Muhammad Fadhil Rafi dan Ferina Anisah,” imbuhnya.

Menurut Ari, kendala yang dialami oleh tim SMP Mugadeta pada ajang tersebut ada di perakitan. “Kendalanya pada saat perakitan harus menuggu komponen dari luar, karena jika mencari di Indonesia harga cukup mahal. Sehingga memang waktu jadi terbatas,” kata Ari.

Ia berharap anak-anak tetap semangat mengikuti berbagai kompetisi nasional maupun internasional. “Semoga anak-anak semakin semangat dan percaya diri untuk menghadapi pertandingan seterusnya. InsyaAllah setelah ini akan tanding di Singapura Januari,” pungkasnya. (Syifa)

Shared:
Shared:
1