Bantu Evakuasi Korban Reruntuhan Bangunan Pasca Gempa Donggala dan Palu, MDMC Terjunkan Tim Urban SAR

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 30 September 2018 18:49 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PALU – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) berangkatkan 8 orang relawan yang mempunyai keahlian urban SAR (Search and Rescue) untuk membantu mencari korban reruntuhan bangunan pasca gempa yang terjadi di Donggala dan Palu pada Jumat (28/9). Tim ini bekerjasama dengan Collabs Struktur Search Response( CSSR) telah berangkat melalui jalur darat pada Sabtu (29/9) malam.

Disampaikan Arif Jamali, Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah, tim urban SAR ini telah dilengkapi dengan peralatan SAR yang memadai.

“Diharapkan tim ini nantinya dapat berkontribusi dalam mengevakuasi warga yang masih tertimbun reruntuhan bangunan pasca gempa lalu,” tutur Arif ketika dihubungi pada Ahad (30/9).

Selian itu, Arif juga menginformasikan  MDMC juga akan mendirikan poskor di kantor PWM dengan hubungan tempat Universitas Muhammadiyah Palu.

Sektor yang dibangun oleh MDMC meliputi sektor kesehatan, logistik berupa (makanan, peralatan dapur umum, transport dll), hunian sementara (huntara), air bersih (water sanitasi), evakuasi, pengelolaan manajemen sosial.

MDMC akan menggerakkan MDMC Indonesia bagian tengah, se-Sulawesi dan se- Kalimantan dan kemudian di bantu wilayah Jawa. Semua evakuasi di lakukan oleh MDMC terdekat terlebih dahulu karena untuk memetakan kebutuhan urgent apa saja. Semua antisipasi dan mobilisasi sudah diberitahukan ke seluruh Pimpinan Wilayah MDMC.

Untuk semua pendanaan bekerjasama seutuhnya dengan LazisMU. Sumberdaya berupa bantuan dan relawan dikelola sepenuhnya oleh MDMC pusat untuk mendukung kekuatan respon di Palu. (adam)

Shared:
Shared:
1