LPB Muhammadiyah Purworejo Lahirkan Relawan Tangguh

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 28 September 2018 14:37 WIB
MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO – Demi terus mendidik relawan tangguh Muhammadiyah yang memiliki kualifikasi dan ketrampilan, Muhammadiyah Purworejo kirimkan 35 relawan mengikuti Latihan Gabungan Relawan Muhammadiyah Jawa Tangah yang berlangsung di Cilacap, pada Jumat (28/9).
 
Widayat, Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana PDM Purworejo berharap Relawan dari Muhammadiyah Purworejo yang mengikuti Latihan Gabungan Relawan Muhammadiyah Se-Jawa Tengah ini bisa menimba ilmu sehingga ketika ada bencana bisa siap siaga dalam merespon dan siap menjadi relawan yang ditugaskan.
 
“Harapan kami semoga para relawan yang mengikuti latihan gabungan di Cilacap ini bisa menyerap ilmunya dengan baik sehingga bisa menjadi relawan tangguh yang siap merespon kebencanaan, seperti slogannya “One Muhammadiyah One Respon,” ungkapnya. 
 
Kemudian Husni Arba’in, Ketua PDM Purworejo yang membidangi Lembaga Penanggulangan Bencana  mengingatkan peserta bahwa Muhammadiyah sejak berdirinya sudah peduli dan merespon permasalahan kemanusiaan dengan mendirikan PKO (Penolong Kesengsaraan Oemom).
 
“Sehingga hal tersebutlah yang menjadi perhatian Muhammadiyah hingga kini, Muhammadiyah lewat lembaga kebencaan akan terus merespon dan siap siaga terhadap kebencanaan yang terjadi.
 
Materi pada kegiatan tersebut meliputi manajemen posko, dapur umum dan logistic, evakuasi dan penyelamatan, pertolongan pertama, pembuatan shelter (hunian sementara), pembuatan MCK darurat, komunikasi dan pendampingan psikososial dengan simulasi kebencanaan banjir, longsor dan Pos Komando. (nisa)
 
Kontributor: Andi Mahfuri
Shared:
Shared:
1