SAR Mapala Muhammadiyah Komitmen Dampingi Lombok

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 26 September 2018 09:18 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, LOMBOK – SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia (SARMMI) berhasil menghidupkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Lombok Utara pada Selasa (26/9). Hal tersebut atas kerjasama dan sinergi yang dibangun oleh SARMMI dengan warga setempat.

Disampaikan Slamet Widodo, Ketua SARMMI, mengatakan bahwa listrik merupakan kebutuhan dasar, dan PLTMH adalah listrik murah untuk rakyat. Oleh karenanya, SARMMI bertekad untuk menghidupkan PLTMH.

“Setelahnya, agar PLTMH berumur panjang dan daya listik yang dihasilkan stabil. Kami juga mengadakan pelatihan singkat untuk semua operator  PLTMH yang rangkaian acaranya terdiri dari cara membaca panel listrik, debit air dan sensor AVR,” ujar Slamet.

Kemudian Azhar, anggota SARMMI juga mengenalkan supplier spare part di Surabaya kepada masyarakat. Harapannya, setelah itu para operator PLTMH tak lagi menemui kendala saat membutuhkan suku cadang.

“Kendati operasi SARMMI di Dusun Bual berakhir dan semua relawannya pulang, SARMMI tetap komitmen mendampingi pengelola PLTMH melalui konsultasi jarak jauh.  Jika PLTMH mengalami kerusakan parah, relawan SARMMI siap ke Lombok,” tegasnya. (nisa)

Sumber: Ahyar Stone

Shared:
Shared:
1