Pelajar Muhammadiyah Muntilan Tumbuhkan Budaya Literasi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 03 September 2018 13:05 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.IDMUNTILAN – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Muntilan  mengadakan “Pelatihan Literasi Kepenulisan” pada Ahad (2/9) di Kampus SMK Muhammadiyah 2 Muntilan.  Acara tersebut diikuti para siswa sekolah negeri maupun swasta se-Kecamatan Muntilan tingkat SMA dan SMK.

Disampaikan Sukirman, Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah Muntilan mengatakan bahwa pelatihan tersebut, bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi pelajar di Kecamatan Muntilan.

“Acara ini bukan hanya untuk sekolah Muhammadiyah, namun juga boleh diikuti oleh sekolah non Islam. Ini bertujuan untuk memperkenalkan IPM secara umum kepada sekolah luar muhammadiyah, dan membuka mata pandangan  bahwasannya kegiatan IPM bisa diikuti siapapun,” imbuhnya.

Novena, siswi SMA Pangudi Luhur Vanlith menyampaikan rasa senangnya karena bisa ikut serta dalam agenda tersebut.

 “Saya senang sekali mengikuti pelatihan yang dilaksanakan IPM ini, dan saya mendapatkan ilmu tentang kepenulisan dan materinya sangat bagus. Awalnya saya sempat khawatir karena kita punya lingkungan agama yang berbeda, tapi teranyata IPM tidak membedakan kita dan saya merasa nyaman,” katanya.

Pemateri yang dihadirkan diantaranya Sektretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Magelang, Muhammad Nashirudin, sebagai pemateri konsep dasar menulis, Novi Setiaji Panuntun dari Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Kab. Magelang menyampaikan materi paradigma kritis.

“Setelah pelatihan ini, saya berharap akan mulai terbentuk komunitas literasi pelajar di Muntilan, tidak hanya di sekolah Muhammadiyah,” kata Nashirudin di tengah penyampaian materi.

Sekolah Non Islam yang hadir yakni SMA Pangudi Luhur Vanlith dan SMA Marsudiini Muntilan. (nisa)

Sumber: Novi Setiaji

 

Shared:
Shared:
1