Muhammadiyah Malaysia Salurkan Belasan Hewan Kurban

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 22 Agustus 2018 09:55 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MALAYSIA - Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia sejak tahun 2011 secara konsisten menerima, mengelola dan menyalurkan daging kurban di negeri jiran Malaysia. Usaha ini didukung juga oleh Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) Malaysia, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Malaysia , Lazismu dan MDMC Malaysia.

Fauzy Fatkhur wakil ketua PCIM Malaysia menyatakan, pada tahun ini 2018 ini, Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia diamanahkan untuk memotong dan menyalurkan 11 ekor sapi dan 18 ekor kambing. Pemotongan hewan kurban sendiri akan dilakukan pada Rabu, 22 Agustus 2018 di Kampung Baru, Kuala Lumpur.

Ketua PCIM Malaysia Sonny Zulhuda mengapresiasi kerja keras panitia yang kompak dalam mencari sohibul kurban yang cukup banyak.

“Ini bermakna semakin banyak kaum Muslimin yang dapat ikut bergembira merasakan manisnya daging qurban. Pencapaian ini akan memperkuat syiar dakwah Islam dan pergerakan Muhammadiyah di Malaysia,” ucap Sony, seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima redaksi pada Selasa (21/8).

Sony juga menambahkan, sohibul kurban tersebut bukan hanya warga negara Indonesia dan Malaysia, namun juga ada warga asing lainnya seperti Aljazair, Mauritius, China dan Singapura.

“Latarbelakang profesi mereka pun sangat beragam. Mulai dari profesor di berbagai kampus, pejabat di KBRI, praktisi profesional, tokoh pengusaha, tokoh parpol Indonesia di Malaysia, sampai pada mahasiswa, ibu rumah tangga dan juga buruh migran,” imbuh Sony.

Sonny berkata demografi tersebut adalah refleksi keberagaman komunitas yang merupakan mitra dakwah bagi pergerakan Muhammadiyah di Malaysia.

"Meskipun tidak semuanya adalah warga Muhammadiyah, bisa dipastikan mereka adalah simpatisan Muhammadiyah di Malaysia. Kita melihat ini sebagai amanah yang tidak terbatas hanya pada pengelolaan dan pendistribusian daging qurban."Lebih dari itu, kepercayaan ini adalah aset sosial bagi Muhammadiyah Malaysia melanjutkan usaha dakwah dan pencerahan dimanapun kadernya berada,” jelas Sony.

Untuk menyempurnakan tekad itu, PCIM Malaysia akan menyalurkan daging qurban ke berbagai sasaran diantaranya buruh migran Indonesia dan asing, mahasiswa, komunitas pengungsi, dan juga keluarga besar persyarikatan.

Selain itu, ada dua ekor kambing yang dikhususkan untuk daerah pedalaman di Gunung Kidul di Yogyakarta dan dikelola langsung oleh Wakil Ketua PCIM Malaysia Zulfan Haidar yang juga kader asal Kauman.

Diakhir Sonny berharap event qurban ini menjadi pemecut bagi para kader, aktivis dan simpatisan dakwah untuk menguatkan barisan pergerakan dan kebangsaan.

“Ke depannya dalam skala lokal dan nasional, Muhammadiyah harus tetap menjadi pengayom dan penghubung seluruh elemen bangsa untuk bersama mengisi kemerdekaan dengan usaha nyata dan berkemajuan di berbagai bidang seperti dakwah, pendidikan anak dan pemberdayaan buruh migran Indonesia di Malaysia,” pungkas Sonny.

Sumber: Majelis Pustaka dan Informasi PCIM Malaysia

Shared:
Shared:
1