UMS Kukuhkan Guru Besar ke-16 dan ke-17

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 12 Juli 2012 12:21 WIB

 

Surakarta- Senat Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar sidang terbuka dengan agenda upacara pengukuhan guru besar. Senat mengukuhkan Prof. Dr. Harun Joko Priyatno sebagai guru besar di bidang ilmu pragmatik dan pengajarannya, dan Prof. Dr. Bambang Sumardjoko sebagai guru besar di bidang ilmu pendidikan.

 

Acara tersebut dilaksanakan tanggal 2 Juni 2012 di Auditorium Moh. Djazman dengan dihadiri sekitar 400 tamu undangan termasuk para anggota senat universitas, beberapa pejabat daerah dan kopertis, pimpinan universitas, dan keluarga dari guru besar. “Tamu yang hadir dari senat UMS, pejabat kampus maupun luar, pimpinan instansi, karyawan kampus dan keluarga dari masing-masing guru besar,“ ungkap Mustofa, SE selaku ketua panitia, Senin (4/6).

 

Orasi Prof. Dr. Harun Joko Prayitno bertemakan tentang Realisasi Tindak Tutur Direktif Dalam Pembelajaran Pragmatik: Berdaya, Berorientasi, dan Berstrategi Kesatuan Positif. “Kita harus meningkatkan rasa simpati, mencari kesepakatan, memberikan penghormatan, menghargai prestasi, dan membagi keuntungan kepada orang lain untuk membangun sifat kejiwaan yang menjadi ruh kesatuan positif dan karakter bangsa,” ungkap Harun Joko Prayitno dalam pidato pengukuhan guru besar.

 

Prof. Dr. Bambang Sumardjoko berorasi tentang Kepemimpinan dan Budaya Sekolah Sebagai Strategi Penguatan Karakter Didik. “Pembentukan karakter didik dan jati diri bangsa merupakan cita-cita luhur yang harus diwujudkan melalui penyelenggaraan pendidikan yang terarah dan berkelanjutan,” kata Bambang Sumardjoko.

 

Dengan pengukuhan ini, Mustofa berharap kepada para guru besar yang ada di UMS, “agar mampu menambah kualitas sumber daya di UMS sehingga dapat menjadi bagus”.

 

Berikut daftar Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS):

  1. Prof. Dr. Bambang Setiaji (FE)
  2. Prof. Dr. M. Wahyuddin (FE)
  3. Prof. Dr. Sayuti Hasibuan (FE)
  4. Prof. Dr. Djokosantoso Muljono (FE)
  5. Prof. Dr. Khudzaifah Dimyati (FH)
  6. Prof. Dr. Absori (FH)
  7. Prof. Dr. Harun (FH)
  8. Prof. Dr. Soenarno (FT)
  9. Prof. Dr. Markhamah (FKIP)
  10. Prof. Dr. Abdul Ngalim (FKIP)
  11. Prof. Dr. Budi Murtiyasa (FKIP)
  12. Prof. Dr. Yetty Sarjono (FKIP)
  13. Prof. Dr. Harsono (FKIP)
  14. Prof. Dr. Sutama (FKIP)
  15. Prof. Dr. Endang Fauziati (FKIP)
  16. Prof. Dr. Harun Joko Prayitno (FKIP)
  17. Prof. Dr. Bambang Sumardjoko (FKIP)
Shared:
Shared:
1