Dua Ribuan Peserta Olimpiade Ahmad Dahlan Diterima Gubernur di Keraton Yogya

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 11 Juli 2012 19:24 WIB

Yogyakarta - Sebelum pembukaan pagi ini, tepatnya kemarin malam (10/7) Sri Sultan Hamengku Buwana X yang diwakili wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam ke IX menerima seluruh kontingen peserta Olypicad 2 di Pagelaran Kraton Yogyakarta, acara tersebut dimulai dengan makan malam bersama peserta dan tamu undangan Olympicad 2. Namun, Dalam Sambutannya mewakili Gubernur DIY, Pakualam IX menyampaikan Selamat datang kepada para kontingen peserta Olympicad 2 di Kota Yogyakarta, dipilihnya Yogyakarta sebagai tuan rumah Olympicad ini sangatlah tepat, karena Yogyakarta merupakan kota pelajar dan kota budaya. Pakualam IX berharap, para peserta dapat memanfaatkan waktu dan wahana ini untuk berkompetisi dan bersaing dengan baik. Para peserta diharapkan memberikan yang terbaik kepada sekolah dan daerahnya masing-masing.

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Baedhowi mengatakan acara malam ini merupakan ajang silaturahim bersama Sri Sultan untuk saling menjalin pengertian karena Yogyakarta diadakan Olympicad 2 yang sebelumnya dilaksanakan di Kota Solo. “Kami ingin menyampaikan kepada Gubernur, bahwa mohon ijin meramaikan Yogyakarta dengan event Olympicad 2 ini, sebelumnya (08/07/2012) sudah diramaikan dengan pawai taaruf, kemudian malam ini digelar silahturahmi makan malam bersama gubernur, sehingga ada pengertian bersama, sehingga kemudian mengharap dukungan warga masyarakat Yogyakarta,” jelasnya.

Baedhowi berharap kepada para peserta Olympicad 2 supaya mereka bisa menjaga stamina mereka, dan siap serta bisa berkompetisi secara jujur. “saya yakin mereka sudah mempersiapkan diri dari daerah masing-masing sehingga bisa memeroleh prestasi yang gemilang di Olympicad 2 ini,” tambahnya.

Berbicara soal hadiah yang akan diperoleh oleh pemenang Olympicad nanti, Baedhowi mengungkapkan akan memberikan hadiah serta piagam penghargaan kepada masing-masing pemenang yang sudah bersusah payah berkompetisi dalam Olympicad kali ini, “Nanti kami akan berikan piagam dan hadiah-hadiah kepada para juara Olympicad ditiap bidang lomba, dan untuk peserta tingkat SMA, kami sudah bekerja sama dengan Majelis (Pendidikan Tinggi) Dikti PP Muhammadiyah untuk memberikan beasiswa kepada para peserta yang juara di olympicad kali ini,” tutupnya.

Peserta Beri Kenang-kenangan Kepada Sri Paduka Paku Alam IX

Dalam jamuan makan malam bersama Sri Paduka Paku Alam ke IX  kemarin malam (10/11) di Pagelaran Kraton Yogyakarta perwakilan peserta dari berbagai daerah tersebut memberikan kenang-kenangan khas daerah mereka. Diantaranya yang mewakili pulau Sumatera, diwakili oleh utusan dari Provinsi Sumatera Utara yang menyerahkan kain songket khas Sumut. Kemudian perwakilan peserta dari Kalimantan, diwakili oleh Kalimantan Selatan memberikan kenang-kenangan berupa Mandau, selanjutnya perwakilan dari kawasan timur Indonesia diwakili oleh Papua. Serta dari perwakilan Jawa-Bali diwakili oleh Provinsi Bali memberikan kenang-kenangan berupa gunungan wayang dari Bali.

 

Selain acara jamuan makan malam bersama Gubernur yang diwakili Wakil Gubernur DIY tersebut, acara hiburan yang beruntun mengisi dan menghibur para peserta dan tamu undangan di Pagelaran Kraton, seperti paduan suara dari SD Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta, penampilan tarian dari Medan Sumatera Utara,dan lain-lain. Kemudian secara simbolis dilakukan penandatanganan dalam bingkai yang bertuliskan dan bergambar maskot Olympicad 2 yang ditandatangani oleh Sri Paduka Paku Alam dan Prof. Dr. Baedhowi sebagai bentuk dukungan pemerintah Provinsi DIY terhadap terselenggaranya Olympicad ke 2 di Yogyakarta. (dzar)
Shared:
Shared:
1