Dahlan Rais: Masa Depan Organisasi, Ditentukan Pengkaderan Hari Ini

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 23 April 2011 21:17 WIB

Surakarta- Pengkaderan dalam sebuah organisasi adalah hal yang paling vital dan strategis, begitu vitalnya peran pengkaderan hingga masa depan sebuah organisasi, ditentukan oleh proses pengkaderan hari ini.

Demikian disampaikan ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dahlan Rais dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Kerja Nasional Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah di gedung Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jum'at (22/04/2011). “Perkaderan adahal hal yang paling strategis, masa depan sebuah organisasi, perlu melihat bagaimana perkaderannya saat ini,” jelasnya. Menurut adik Amien Rais ini, pengkaderan sangat identik dengan regenerasi, sehingga seluruh pejabat Muhammadiyah yang menduduki jabatan Majelis kader, perlu bergerak cepat dalam merespon kebutuhan kader saat ini, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.“Jangan memegang amanah dengan pikiran kosong, segera bergerak cepat untuk menyusun agenda dan program majelis kader,” tegasnya. Pada sisi lain menurut Dahlan Rais, pengkaderan yang dilaksanakan oleh Muhammadiyah, harus sejalan dengan pengkaderan yang dilakukan oleh ortom – ortomnya, seperti IMM, IPM, hingga 'Aisyiyah.

Level Amal Usaha

Sementara itu, Asep Purnama Bachtiar, ketua Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah mengungkapkan, pengkaderan yang dilakukan saat ini, harus juga menyentuh level amal usaha, sehingga pengkaderan tidak hanya berada pada level persyarikatan saja. “Dalam rapat kerja MPK ini, kita juga mengundang amal usaha Muhammadiyah, karena perlu ada peningkatan mobilitas dan kualitas pengkaderan di level amal usaha,” jelasnya. Tetapi pada dasarnya selama ini menurut pengajar di UMY ini, sudah banyak amal usaha yang telah menyelenggarakan pengkaderan dengan melaksanakan Baitul Arqam.

Shared:
Shared:
1