Tanwir Muhamadiyah Rekomendasikan Kriteria Pemimpin Bangsa

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 25 Juni 2012 18:19 WIB

 

Bandung- Tanwir Muhammadiyah di Bandung 21-24 Juni 2012 telah ditutup dan menghasilkan banyak keputusan dan juga rekomendasi, diantara rekomendasi yang ada, tertuang juga rekomendasi mengenai kriteria pemimpin bangsa.

Ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menyampaikan, Muhammadiyah dalam Tanwir-nya tidak dalam posisi mendukung atau mencalonkan capres tertentu, tetapi merekomendasikan criteria pemimpin bangsa, yang artinya tidak saja untuk pemimpin Nasional, tetapi juga semua pemimpin di segala bidang. “Muhammadiyah tidak hanya menengarai bahkan meyakini adanya keruntuhan dibidang ekonomi, politik, hukum, dan yang lainnya, dan sudah semestinya Muhammadiyah ikut bertanggungjawab mengatasi hal tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi (keruntuhan bangsa) adalah kepemimpinan bangsa, dan tidak hanya sebatas pucuk pimpinan,” jelasnya saat konferensi pers di Hotel Horison, Bandung, Ahad (24/06/2012). Diantara kriteria yang dimunculkan Muhammadiyah sebagai syarat pemimpin bangsa menurut Din Syamsuddin, adalah masalah visi dan pencipta solidaritas. “Pemimpin harus mempunyai visi yang jelas, kea rah mana bangsa ini dibawa yang jugaharus sesuai dengan cita-cita nasional, jangan hanya visinya sendiri. Pemimpin juga harus menjadi pencipta solidaritas, dan juga pengayom bagi rakyatnya yang sangat majemuk, dan jangan mengayomi untuk partainya sendiri,” tegasnya.

Sebelumnya dalam rekomandasi yang dibacakan oleh sekretaris umum PP Muhammadiyah Agung Danarto, Muhammadiyah merekomendasikan 7 kriteria pemimpin bangsa, diantaranya Visioner, Nasionalis-Humanis, Solidarity Maker, Risk Taker, Decisive, Problem Solver, Morally Committed. Berikut download hasil lengkap Pokok Pikiran Tanwir Muhammadiyah 2012; Untuk Pencerahan dan Solusi Permasalahan Bangsa yang terdapat penjelasan 7 kriteria pempimpin bangsa di dalamnya. Klik download (mac)

Shared:
Shared:
1