'Aisyiyah Sumbar Dongkrak Pengetahuan Hukum Kader Melalui Pelatihan Paralegal

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 18 Desember 2017 16:13 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PADANG - Majelis Hukum dan HAM (MHH) Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar pelatihan Paralegal bagi 50 kader 'Aisyiyah se-Sumbar di Aula PWA jalan Ulak Karang Padang pada Sabtu (15/12/). Kegiatan ini diikuti oleh para penggiat hukum Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) se-Sumbar.

Dalam sambutannya, Ketua PWA Sumbar Meiliarni Rusli mengatakan, program pendampingan hukum menjadi salah satu program unggulan PWA Sumbar. 

“Kegiatan ini tidak saja memberikan pengetahuan bagi para penggiat hukum kader Aisyiyah, namun juga memberikan bantuan hukum bagi masyarakat khususnya persoalan perempuan dan anak serta diskrimasi pasien TB,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Hukum dan Ham PWA Sumbar Marni mengatakan, tujuan kegiatan ini yaitu membekali kader ‘Aisyiyah akan pengetahuan hukum yang dapat melindungi haknya sehingga mampu membuat solusi atau strategi dalam menyelesaikan kasus-kasus yang dihadapi.

“Kami ingin mensosialisasikan paralegal ini, paralegal memiliki dasar hukum undang-undang nomor 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum dan PP nomor 42 tahun 2014 tentang syarat dan tata cara memberikan bantuan hukum dan penyaluran dana bantuan hukum,” ungkapnya.

Harapannya, akhir dari kegiatan ini yakni kader ‘Aisyiyah mampu melek hukum. (nisa) 

Sumber: Nurrahmad

Shared:
Shared:
1