Mensos RI: MDMC Telah Menjadi Garda Depan dalam Penanggulangan Bencana

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 08 Desember 2017 16:15 WIB
MUHAMMADIYAH. OR. ID, PACITAN- Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menerima mobil dapur umum lapangan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). Penyerahan secara simbolis dilakukan di Pendopo Bupati Pacitan pada Kamis (7/12).

Penyerahan mobil dapur umum lapangan merupakan serangkaian penyerahan bantuan sosial oleh Kemensos RI dalam rangka Hari Kesukarelawanan Internasional yang jatuh pada tanggal 6 Desember 2017 lalu sekaligus menyongsong Hari Kesetiakawanan Sosial pada tanggal 20 Desember 2017.

Turut hadir Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawan beserta pengurus MDMC PP Muhammadiyah dan relawan Muhammadiyah yang juga tengah melakukan respon bencana alam di posko Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pacitan.

Sebelumnya, dalam arahan Mensos RI di penutupan Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah ke 2 di Malang, Mensos RI menyampaikan pemberian mobil dapur umum lapangan sebagai apresiasi kepada MDMC yang telah menjadi garda depan dalam penanggulangan bencana.

"MDMC selalu menyediakan dapur umum dalam aktivitas penanggulangan bencana. Harapannya dengan adanya mobil dapur lapangan ini, semakin memudahkan aktivitas dan mobilitas dapur umum di wilayah bencana," ucap Budi Setiawan.

Lebih lanjut Mensos RI menyatakan kerjasama para pihak dan pemberian bantuan kepada lembaga-lembaga swadaya masyarakat sebagai bentuk public-private partnership atau kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat.

"Masyarakat dan lembaga swadaya non pemerintah sudah banyak membantu dalam berbagai masalah sosial di Indonesia. Melalui hari Kesukarelawanan Internasional dan Hari Kesetiakawanan ini, sekaligus kami mengukuhkan duta-duta perdamaian yang menjadi kepanjangan tangan Kementerian Sosial di tingkat masyarakat," pungkas Mensos RI Khofifah Indar Parawansa.

Sumber: Aulia (MDMC Indonesia)

Shared:
Shared:
1