Tingkatkan Ketangguhan Relawan Bencana, MDMC PP Muhammadiyah Gelar Jambore Nasional

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 27 November 2017 13:58 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah akan mengadakan Jambore Nasional Relawan Muhammadiyah ke-2 di Malang pada 30 November-3 Desember 2017 mendatang. Kegiatan jambore yang akan diikuti sebanyak 2000 relawan tersebut mengangkat tema “Merekat Kebersamaan, Meningkatkan Ketangguhan”.

Disampaikan Budi Setiawan, Ketua LPB PP Muhammadiyah memaparkan bahwa jambore relawan ini dalam rangka pengurangan resiko bencana dengan meningkatkan kapasitas para relawan.

“Indonesia dari Aceh sampai Papua memiliki ancaman bencana, sehingga ini membutuhkan upaya pencegahan dan kesiapan untuk menanganinya. Ancaman akan berkurang jika kapasitas relawan meningkat, maka melalui jambore ini kami ingin meningkatkan kapasitas para relawan dalam hal kemampuannya menangani bencana,” jelasnya saat Konferensi Pers Jambore Nasional di Aula Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (27/11).

Kemudian Budi Santoso Ketua Panitia Jambore Nasional itu menjelaskan bahwa kegiatan jambore ini untuk menyiapkan kemampuan di masing masing daerah untuk memperkuat kapasitas di daerah.
“Sehingga nantinya para peserta akan menjadi inisiator relawan tangguh di daerahnya masing-masing,” ujar Budi.

Selanjutnya Rahmawati Husein, Wakil Ketua LPB PP Muhammadiyah menerangkan bahwa peningkatan kapasitas relawan dalam kebencanaan ini menjadi sangat penting.
“Tujuannya untuk melatih ketangguhan para relawan, karena pengurangan bencana bisa dilakukan melalui peningkatan ketangguhan para relawan. Juga untuk mengurangi kerentanan dan resiko bencana dalam masyarakat,” ungkap Rahmawati.

 LPB PP Muhammadiyah akan membuat standar untuk relawan baik jika ditempatkan diluar negeri maupun di dalam negeri, juga menyiapkan relawan yang memiliki sertifikasi agar mampu membantu dengan benar. (nisa)

Shared:
Shared:
1