Madrasah Mu’alllimat Muhammadiyah Yogyakarta Peringati Hari Guru dengan Nuansa Sosial

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 26 November 2017 13:57 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA - Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta peringati Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November. Sebagai sekolah pendidik dan pemimpin mereka mengadakan kegiatan dengan nuansa sosial dan memiliki esensi mendidik.

Seperti yang dilakukan para santri Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta pada Sabtu (25/11) pagi yakni dengan berbagi nasi bungkus, teaching on the street dan membersihkan sampah.

Kegiatan ini disebar pada beberapa titik, yakni kawasan Pasar Ngasem, Jalan Malioboro, Alun-alun kidul dan kawasan Parkiran Ngabean. Ribuan santri memadati jalanan tersebut sembari membersihkan sampah dan membagikan nasi bungkus kepada para tukang becak, pemulung dan para gepeng.

Meskipun dalam nuansa rintik hujan santri Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dari kelas 1 hingga kelas 6 tetap semangat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Wakil Direktur Madrasah Mu’allimaat Unik Rasyidah mengatakankegiatan seperti ini adalah bukti dari militansi kader.

“Dimana walaupun hujan tidak menjadi alasan kita untuk tidak berbagi dan berkegiatan yang mengandung nilai kebermanfaatan sehingga inilah salah satu pembelajaran Q.S Al-Ma’un yang diajarkan KH. Dahlan yang harus kita pertahankan,” ucap Unik.

Unik juga mengatakan, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan para santri dapat belajar dari para guru kehidupan di jalan. “Dengan teaching on the street santri mampu mengaplikasikan ilmunya walau hanya satu kalimat, selain itu dengan berbagi nasi dan membersihkan sampah di jalan santri mampu merasakan bagaimana perjuangan para pekerja keras di jalan sehingga mampu menumbuhkan spirit syukur dalam diri santri Madrasah Mu’allimaat,” pungkas Unik.

Sumber: Zuvita

Shared:
Shared:
1