Peringati Hari Disabilitas Internasional, MPM PP Muhammadiyah Wujudkan Gerakan Nasional Ramah Difabel

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 26 November 2017 13:22 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan  Pusat Muhammadiyah memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2017 pada Ahad pagi (26/11) di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Cik Ditiro Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kaum difabel dampingan MPM PP Muhammadiyah.

M. Nurul Yamin, Ketua MPM PP Muhammadiyah menyampaikan bahwa kegiatan ini bersamaan dengan agenda inspirasi Ahad Pagi yang digelar setiap tiga bulan sekali. Yamin mengatakan bahwa peringatan HDI tahun ini mengambil tema “Gerakan Nasional Ramah Difabel: Gerakan Menuju Masyarakat Inklusi Berkemajuan”.

“Setelah tema tahun lalu yakni mewujudkan kota ramah difabel, tahun ini kami ingin mewujudkan masyarakat yang ramah difabel,” ujar Yamin.

Lebih lanjut Yamin mengatakan bahwa Muhammadiyah melalui MPM selalu menggelorakan pemberdayaan masyarakat, termasuk masyarakat difabel.

“Kita semua sama, sehingga harus saling menyayangi dan menghargai, termasuk kepada teman-teman difabel. Adapun perbedaan yang ada di antara kita, itu hanyalah sebatas lahiriah saja. Semua orang punya hak dan tanggungjawab yang sama,” jelas Yamin.

Pada agenda peringatan HDI yang sebenarnya jatuh pada tanggal 3 Desember 2017 ini, Yamin mengajak seluruh masyarakat untuk berperilaku ramah kepada para difabel serta memberi dukungan bahwa sosok difabel juga bisa melakukan apa yang orang lain lakukan.

“Kita harus punya optimis bersama, kita juga harus membangun kebersamaan untuk kebaikan kita semua,” ungkapnya.

Agenda ini terdiri dari beberapa rangkaian yakni jalan sehat, unjuk ekspresi seni oleh siswa-siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Yogyakarta dan dialog motivasi. Hadir pula Ketua DPRD Kota Yogyakarta dan Wakil Wali Kota Yogyakarta. (nisa)

Shared:
Shared:
1