Ajak Siswa Hargai Jasa Para Petani, MI Muhammadiyah Krendetan Adakan Kelas Bertanam Padi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 20 November 2017 10:04 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO– Madrasah IbtidaiyahMuhammadiyah(MIM)Krendetan Bagelan Purworejo menyelenggarakan pembelajaran di luar kelas. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 5 MI dalam bentuk belajar bertanam padi. Disampaikan Khoirun Nisa Guru MIM Krendetan bahwasanya agenda tersebut dalam rangka menekankan akan pentingnya mengetahui proses bertanam padi.

“Bertanam padi ini sebagai bentuk pembelajaran di luar kelas yang menyenangkan dan mencerdaskan siswa agar selain mengetahui secara proses juga memahami akan usaha yang dilakukan para petani dalam usaha menghasilkan padi bagi keluarga dan masyarakat,” ungkap Nisa.

Adapun lokasi berada di desa Bagelen, tepatnya di Dusun Kauman Barat yang diikuti sebanyak 19 siswa dengan didampingi oleh guru kelas 5 yakni Indah Purnamaningrum dan Ichwanyang turut serta memberikan pengarahan praktek bertanam padi.

“Siswa belajar tanam padi dengan metode tanam garis, atau menanam padi pada garis yg telah dibuat sebelumnya, bukan dengan metode menanam "mundur", seperti yg biasa dilakukan oleh para petani,” ujarnya.

Selaku guru pembimbing, Indah Purnamaningrum juga mengingatkan kepada siswa, betapa berat dan lelahnya menanam padi, hal ini untuk mendorong siswa agar tidak membuang-buang nasi dan agar bisa menghargai jasa-jasa para petani,” ucapnya. (nisa)

Kontributor:  Akhmad Musdani

Shared:
Shared:
1