Muhammadiyah Berikan Penghargaan kepada Peneliti Asal Jepang, Mitsuo Nakamura

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 18 November 2017 06:47 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam rangka milad ke 105 Muhammadiyah  memberikan tiga penghargaan kepada tokoh-tokoh yang telah memberi pengaruh terhadap perkembangan Persyaarikatan Muhammadiyah. Ketiganya tersebut yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono X, Profesor Mitsuo Nakamura, dan H. Achmad Roemani.

 Mitsuo yang merupakan seorang guru besar emeritus dari Chiba University Jepang ini telah cukup lama melakukan riset antropologi tentang umat Islam di Indonesia, khususnya Muhammadiyah. Dalam sambutannya ketika menerima penghargaan Mitsuo menyampaikan rasa harunya terhadap penghargaan yang diberikan.

“Saya sangat terharu karena diberikan penghargaan dari Muhammadiyah ini,” ungkap Mitsuo dalam Resepsi Milad Muhammadiyah pada Jumat (17/11) malam di Pagelaran Kraton Yogyakarta.

Mitsuo dalam kesempatan ini juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada masyarakat Kotagede yang telah banyak memberikan dukungan terhadap penelitiannya mengenai kehidupan dan sejarah Muhammadiyah di Kota Gede.

“Saya persembahkan penghargaan ini kepada warga Muhammadiyah di Kotagede,” ucap Mitsuo.

Buku mengenai hasil penelitian Mitsuo mengenai pergerakan Muhammadiyah di Kotagede telah diterbitkan pada tahun 1983 dengan judul “Bulan Sabit Muncul dari Balik Pohon Beringin”. Tidak hanya sampai di situ, Mitsuo kemudian melanjutkan risetnya tentang Muhammadiyah di Kotagede sampai tahun 2010.

Kecintaannya pada Muhammadiyah telah membawanya untuk sering menghadiri dalam setiap Muktamar Muhammadiyah. (nisa/adam) 

Shared:
Shared:
1