LSBO PP Muhammadiyah Gelar Pertunjukan Wayang Kulit

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 21 April 2011 14:32 WIB

Jakarta- Lembaga Seni Budaya dan Olahraga PP Muhammadiyah bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) akan menyelenggarakan pementasan Wayang Kulit dengan judul  SEMAR  MBANGUN KAYANGAN.  Sebuah kisah inspiratif yang dapat membantu khalayak merefleksikan kondisi masyarakat kita dewasa ini.  Dalam kisah ini, isu Semar yang akan membangun Kayangan seakan menjadi ancaman makar terhadap kekuasaan para Dewa. Namun sesungguhnya Semar hanya ingin membangun ‘Kayangan Moral’ yang semestinya bersemayam dalam benak setiap manusia.

Yang unik, dalam pementasan ini adalah tampilnya dalang perempuan Dwi Puspita Ningrum, di tengah semakin jarangnya dalang, apalagi dalang perempuan. Putri seorang dalang dari Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo ini layak diparesiasi sebagai seniman yang konsisten dengan profesinya. Sang dalang yang kelahiran Jakarta 12 Desember 1986 ini adalah Mahasiswi semster VIII Jurusan Pendidikan bahasa dan Sastra di  UMP.

Pada pementasan kali ini, penonton juga akan disuguhi sebuah kolaborasi antara gamelan klasik dengan kelompok musik “Serambi Bagelen” yang pernah tampil di GSH Jakarta.  Dwi Puspita Ningrum, sang Dalang didukung oleh  5 orang Sinden yang semua juga adalah Mahasiswi UMP, disamping 13 pengrawit dan 8 tim pendukung yang lain.

Pementasan akan diselenggarakan Kamis, 21 April 2011 mulai pkl 19.30 di halaman Gedung Pusat dakwah Muhammadiyah, Jl Menteng Raya 62, jakarta Pusat. Momentumnya bertepatan dengan hari kartini, sehingga acara secara tak langsung mampu membawakan pesan emansipasi dan kesetaraan gender. Sementara itu, lokasi di Pusat Dakwah Muhammadiyah juga membawa pesan bahwa Muhammadiyah makin perlunya pendekatan dakwah kultural dan dialog dengan budaya lokal.

Shared:
Shared:
1