Penelitian LPCR: 68% Ranting Muhammadiyah Tersebar di Jawa

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 14 Juni 2012 10:54 WIB

 

Yogyakarta –Setelah selesai melakukan rekapitulasi data tentang Cabang dan Ranting Muhammadiyah di seluruh provinsi di Indonesia, salah satu kesimpulan yang cukup menarik adalah bawah mayoritas Ranting Muhammadiyah tersebar di kawasan Pulau Jawa. Dari total keseluruhan Ranting (12.783 PRM), 68% tersebar di Jawa. “Ini merupakan potensi dan kekuatan yang amat dahsyat bagi Muhammadiyah di tanah Jawa,” ungkap Ridho Al-Hamdi, sekretaris LPCR PP Muhammadiyah kepada redaksi muhammadiyah.or.id.

 

Selain itu, sisanya 21% Ranting tersebar di Sumatera, 5% Ranting tersebar di Sulawesi, 2% Ranting tersebar di Kalimantan, 3% Ranting tersebar di Nusaba (NTT, NTB, dan Bali), 0,43% Ranting tersebar di Kepulauan Maluku, dan Ranting 0,52% tersebar di Papua. “Temuan lain dari kami adalah bahwa DIY merupakan satu-satunya provinsi yang memiliki jumlah Ranting melebihi kapasitas jumlah Kelurahan/Desa, sehingga prosentasenya di atas 100 persen. Hal ini tidak bisa dilepaskan dengan posisi DIY sebagai kota kelahiran dan ibu kota Muhammadiyah,” tambah anak muda alumni PP IPM ini.

 

Dari pemaparan data di atas, LPCR PP Muhammadiyah merekomendasikan kepada keluarga besar Muhammadiyah untuk benar-benar menggerakkan dan membangkitkan Ranting di beberapa daerah di kawasan Timur Indonesia seperti di Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Mengapa demikian? Jumlah Ranting di kawasan ini masih amat sangat minim sekali. “Bahkan di Provinsi Papua tidak ada satu pun Ranting Muhammadiyah yang berdiri,” himbau Ridho. Mari kita bangkitkan Ranting sebagai ujung tombak yang sebenar-benarnya. (CSA) (mac)

*foto: ilustrasi (pcmpedan.muhammadiyah.or.id)

Shared:
Shared:
1