PP Muhammadiyah Kembali Lakukan Kerjasama dengan Community of Sant’Egidio

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 10 November 2017 11:30 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama Community of Sant’Egidio menandatangani kerjasama (MoU) dalam hal pembangunan antar agama dan antar budaya pada Jumat (10/11) di Gedung Dakwah Kantor PP Muhammadiyah Menteng Jakarta Pusat.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa MoU antara Muhammadiyah dengan Community of Sant’Egidio telah berlangsung sejak tahun 2012.

Haedar mengatakan ikhtiar untuk mewujudkan perdamaian dunia dengan dasar agama, sesungguhnya memiliki harapan besar ke depan, sekaligus juga tantangan yang tidak sederhana.

“Harapan besar kita pada perdamaian dunia ini lahir pada generasi baru yang tidak mengalami konflik dan peperangan yang masif. Generasi baru ini adalah generasi dunia yang merupakan aktor perubahan dan perdamaian, dengan satu syarat yakni mampu menyebarkan benih benih perdamaian yang konstruktif, moderat dan berkemajuan,” terang Haedar.

Haedar berpesan jangan biarkan generasi dijejali oleh radikalisme,maupunterorisme yang sesungguhnya bisa kita selesaikan bersama dengan cara yang lebih moderat.

“Saat ini seolah dunia penuh dengan radikalisme, padahal masih banyak ruang perdamaian yang konstruktif dan punya harapan ke depan, termasuk Muhammadiyah dan Community of Sant’Egidio,” ujar Haedar.

Oleh karena itu, Muhammadiyah mengajak kekuatan moderat untuk mari bergerak dinamis dan progresif agar ruang ini tidak dijejali oleh hal-hal yang tidak perlu. “Tantangan perdamaian yang dihadapi oleh kita semua saat ini adalah ekspansi politik dan ekonomi global yang masif dan penuh keserakahan dan tidak peduli pada misi perdamaian,” tutup Haedar. (nisa/adam)

Shared:
Shared:
1