SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Terapkan Model Pembelajaran Berbasis PBL

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 04 November 2017 15:52 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SOLO – SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo terapkan sistem pembelajaran berbasis Roject Based Learning (PBL) pada siswa kelas 3 SD dengan mengangkat tema Membuat Tas Dokumen Penting. 

Novi Saptina salah satu guru kelas 3 SD Muhammadiyah 1 Solo mengatakan salah satu model pembelajaran ini dianjurkan untuk digunakan dalam pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu model pembelajaran berbasis PBL. 

Novi menjelaskan, sebagai salah satu model pembelajaran dalam pendekatan saintifik, PBL kali ini diujicobakan pada materi membuat tas dokumen penting, dan membuat corak di kain dengan teknik jumputan.

Lanjut Novi, kelebihan model pembelajaran ini diantaranya adalah bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik. “Setiap peserta didik yang mendapat tugas proyek, tentunya akan termotivasi untuk menyelesaikan dengan baik, dan berkompetisi sehat antar teman, ketrampilan memecahkan masalah semakin baik, juga mengoptimalkan berbagai sumber belajar serta siswa lebih aktif belajar,” ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Dyah Ayu Ratnaningsih salah satu Guru Kelas 4C pada SD menambahkan, model pembelajaran yang digunakan bisa ditentukan oleh guru. “Dalam hal ini Guru bisa menggunakan bahan kain primisima, pewarna, kerikil, alat kuas, karet, dengan cara membuat kerikil diikat dengan karet, lalu kuas dicelupkan ke pewarna, disapukan ke kain,“ terang Dyah. (tuti)

Sumber : Eko Prasetyo

 

Shared:
Shared:
1