Abdul Mu’ti Sebutkan 3 Penyebab Ummat Sudah Tidak Lagi Harmonis

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 31 Oktober 2017 13:23 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, LAMONGAN – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan bahwa kondisi umat saat ini sudah tidak lagi harmonis dan mudah terpecah belah. Hal itu disampaikan oleh Mu’ti dalam pengajian rutin triwulan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Desa Paciran yang dilaksanakan pada Ahad (29/10).

Dengan mengangkat tema "Mengkokohkan Spirit Solidaritas Keummatan",pengajian ini dihadiri kurang lebih 500 Warga Muhammadiyah.

Menurut Mu’ti terdapat tiga hal yang menyebabkan terpecah belahnya ummat,  pertama yakni orientasi hidup ummat saat ini berfokus pada pemenuhan kebutuhan hidup, yang acuh akan jalan baik.

Kedua, perpecahan disebabkan oleh kepentingan politik. “Saat ini banyak masyarakat saling bermusuhan karena berbeda pilihan dalam sebuah kontestasi politik, saling mengunggulkan pilihan dan jagoannya masing-masing. Sehingga lupa bahwa manusia itu diciptakan sesuai dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya bahwa perpecahan juga terjadi karena adanya perbedaan pendapat dalam hal tata cara beribadah, mahdzab, atau aliran keislamannya.

“Faktor lain yang menyebabkan kondisi ummat islam ini yang mudah tejadi konflik,   karena ada orang yang berperan sebagai konflik entertiner, membuat konflik sebagai sarana hiburan yang memanfaatkan sebuah konflik sebagai cara mendapatkan uang dari orang yang dibela atau diuntungkan dengan konflik yang terjadi,” terangMu’ti.

Diakhir  Mu’ti mengungkapkan, bahwa semua hal itu bisa di atasi melalui tiga cara, yakni mengembalikannya pada Al-Qur'an dan Hadits, kedua dengan memperbanyak silaturrahim, dan ketiga selalu bersikap tabayyun terhadap masalah yang terjadi. (tuti)

Kontributor : Aris Syahroni

 

Shared:
Shared:
1