Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemuda Muhammadiyah dan NA Martapura Gelar Pengajian Kebangsaan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Minggu, 29 Oktober 2017 05:44 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANJAR -- Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul ‘Aisyiyah Martapura mengadakan “Pengajian Kebangsaan” pada Jum’at (27/10) di Aula Baiman Kantor Bapelitbang Kabupaten Banjar. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dan diikuti oleh pemuda – pemuda dari berbagai kalangan yang ada di Kota Martapura, Banjarmasin Kalimantan Selatan.

M.Rasyid Ridho Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Martapura menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pemuda perihal pembangunan negeri dan bangsa.

“Kebanyakan pemuda sekarang ini kurang memahami perannya secara khusus terutama dalam hal pembangunan maka dari itu kami menggagas kegiatan ini,” ujarnya.

Kemudian M. Abid Mujadid ketua pelaksana menyampaikan bahwa dalam pengajian kebangsaan ini memilih tema “Peran Pemuda Untuk membangun Kabupaten Banjar yang Berkemajuan”.

“Hal tersebut cukup penting karena sekarang ini pemuda kabupaten banjar harus mempersiapkan diri untuk menjalani kehidupan di kemudian kelak untuk kemajuan daerah kabupaten banjar kearah yang lebih baik,” jelasnya.

Abid Menambahkan bahwa pemateri  pada pengajian kebangsaan ini yaitu Nurkholis Madjid yang merupakan Komisioner KPU Kalsel/Ketua Umum PW Pemuda Muhammadiyah Kal-Sel 2012-2016 dan Nadiah seorang aktivis perempuan/Dosen UIN Antasari Banjarmasin. Nurkholis menyampaikan bahwa rekam jejak pemuda pada 1928, 1945 dan 1998 dapat menjadi bukti bahwa pemuda memang memiliki kekuatan.

“Sosok pemuda harus mampu meningkatkan kualitas diri, hal ini bisa didapat melalui keikutsertaan dalam organisasi,” terangnya.

Sedangkan Nadiah menyampaikan bahwa sebagai perempuan juga harus bisa berkontribusi terhadap lingkungan yang ada.

“Sebagai langkah awal perempuan yang nantinya menjadi ibu bagi anak – anak, kita harus pula meningkatkan kualitas diri agar nanti dapat mencetak generasi penerus yang dapat membawa kebaikan bagi bangsa dan negara,” jelasnya. (nisa)

Kontributor: Muhammad Nashir

Shared:
Shared:
1