Ajak Masyarakat Peduli Kanker, PP ‘Aisyiyah Luncurkan “Dini App”

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 26 Oktober 2017 18:36 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Teguh dalam memerangi kanker, Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah(PPA)terus berupaya menciptakan ide-ide yangsolutif. Melalui Pink Day 2017. PPA meluncurkan aplikasi smartphone bernama “Dini App”. Nama tersebut terinspirasi dari kata deteksi dini sebagai salah satu upaya penting pencegahan kanker payudara dan kanker serviks.

Tri Hastuti Nur Rochimah, Koordinator Program MAMPU 'Aisyiyah mengatakan bahwa Dini App merupakan aplikasi smartphone yang berisi berbagai menu untuk mendukung upaya pencegahan kanker serviks dan kanker payudara.

“Salah satu menu unggulan aplikasi ‘Dini’ adalah panduan melakukan pengecekan payudara sendiri (Sadari), serta pengingat jadwal pemeriksaan IVA/Pap Smear dan Sadarnis,” jelas Tripada Kamis (26/10).

Lebih lanjut Tri mengatakan bahwa terkait pentingnya memerangi dan deteksi dini penyakit kanker, tetap membutuhkan dukungan keluarga sebagai hal yang utama.

“Upaya penanganan ini, tidak terlepas dari peran keluarga. Dukungan orang terdekat terutama keluarga sangat penting dalam membantu perempuan Indonesia dalam upaya pencegahan serta pengobatan kanker serviks dan kanker payudara,” ujarnya.

Terkait pentingnya dukungan keluarga dalam pencegahan kanker payudara dan kanker serviks, Tri menjelaskan bahwa masih ada masyarakat yang tidak membolehkan perempuan melakukan deteksi dini kanker dengan alasan tabu karena membuka aurat saat pemeriksaan.

“Padahal dalam pandangan Muhammadiyah, membuka aurat untuk kepentingan pemeriksaan kesehatan itu dibolehkan. Penetapan hukum atas kasus-kasus semacam ini dibenarkan dengan menggunakan metode istihsan,” jelas Tri.

Tri menambahkan dengan menggunakan metode istihsan ini sesuatu yang hukumnya dilarang menjadi dibolehkan atau sebaliknya karena adanya alasan syar’i. Tujuannya adalah untuk menghilangkan beban dan kesukaran.

“Harapan kami ke depannya gerakan Keluarga Peduli Kanker dan aplikasi ‘Dini’ yang diinisiasi oleh ‘Aisyiyah ini ini dapat berkontribusi dalam membantupengurangan angka penyakit kanker payudara dan kanker serviks di Indonesia,” tambah Tri. (nisa)

Sumber: Tim Media ‘Aisyiyah

 

Shared:
Shared:
1