MDMC Paparkan Fikih Kebencanaan di Sorong

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 25 Oktober 2017 14:01 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SORONG - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) berperan aktif dalam memperingati Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2017 yang berlangsung di Sorong, Papua pada 22-25 Oktober 2017. Acara ini digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam rangka memperingati bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) internasional yang jatuh pada 13 Oktober.

Selain sebagai salah satu langkah untuk mengurangi risiko bencana ini juga ditujukan untuk penguatan organisasi kemanusiaan, khususnya di Indonesia bagian timur.

Dalam acara ini, BNPB juga mendatangkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Indonesia dan selama empat hari tersebut dilangsungkan berbagai macam rangkaian kegiatan, diantaranya pawai dan seminar yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Ketua MDMC Budi Setiawan menyampaikan materi mengenai kebencanaan dan kuliah Fikih Kebencanaan.

“MDMC bersama jaringan Muhammadiyah Sorong juga turut berperan aktif dalam acara bulan PRB. Mulai dari pawai pelajar yang dimeriahkan oleh MDMC pada hari Minggu. Kemudian MDMC juga turut serta mengisi diskusi paralel dalam Knowledge Sharing dengan tema Rumah Sakit Aman yang dihadiri lebih dari 100 peserta,” papar Budi.

Selain itu, tambah Budi, MDMC juga jadi pembicara dalam Seminar Kebencanaan yang diisi oleh wakil ketua MDMC, Rahmawati Husein, yang diadakan diSTKIP Muhammadiyah Sorong. 

“Harapannya MDMC bisa memberikan pengalaman terkait kebencanaan di Indonesia bagian timur.  Hal ini kemudian dapat menjadi bagian dari penguatan organisasi kemanusiaan yang berada di Indonesia bagian Timur, termasuk MDMC sendiri,” tutup Budi. (raipan)

Shared:
Shared:
1