SD Muhammadiyah PK Kottabarat Ajak Siswa Pahami Literasi Keuangan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 25 Oktober 2017 09:13 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA – SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo menyelenggarakan pembelajaran tematik di sekolah dengan mengangkat tema “our city” pada Senin (23/10).

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama sekolah dengan lembaga nonprofit Prestasi Junior Indonesia (PJI) yang berfokus pada literasi keuangan.

Andi Arfianto, salah satu guru kelas V mengatakan bahwa tujuan pembelajaran tematik ini adalah untuk membangun konsep kewirausahaan sekaligus belajar pengelolaan keuangan sejak dini terkait dengan kegiatan ekonomi yang berlangsung dalam ekosistem perkotaan.

“Pembelajaran dibagi menjadi lima subtema, yaitu perencanaan tata kota, alat pembayaran dan pajak, profesi wartawan, pengelolaan keuangan, serta membangun bisnis,” ujar Andi.

Kegiatan yang diikuti oleh 57 siswa kelas lima tersebut berjalan dengan lancar dan para siswa antusias untuk pembelajaran yang dilengkapi dengan fasilitas tablet tersebut.

Kemudian Wakasek bidang kesiswaan dan Humas, Muhamad Arifin, menyatakan bahwa kerjasama dengan PJI ini merupakan kali kedua setelah kali pertama dilakukan pada tahun ajaran yang lalu.

“Tahun ajaran yang lalu pembelajaran masih menggunakan media maket dan gambar, untuk tahun ini sudah menggunakan tablet, program kerja sama dengan PJI ini berlangsung selama tiga hari, yaitu tanggal 23-25 Oktober 2017,” jelasnya.

Rangkaian kegiatan dalam pembelajaran tersebut ialah hari pertama untuk siswa kelas V dengan tema “our city”. Hari kedua untuk siswa kelas IV dengan tema “our community”, dan hari ketiga untuk siswa kelas III dengan tema “our selves". (nisa)

Sumber: Muhamad Arifin

 

Shared:
Shared:
1