Karakter AKIK Kunci dalam Berhizbul Wathan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 11 Oktober 2017 08:55 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PACIRAN,  LAMONGAN - Pasca pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil, Hizbul Wathan (HW) SMK TI Muhammadiyah Pondok Modern Paciran melaksanakan Latihan Kepemimpinan Penghela (LKP), yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Kompleks Sate Paciranpada tanggal 10 hingga 12 Oktober 2017.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dengan serangkaian kegiatan yang berupa opening,  materi,  game, dan kegiatan-kegiatan kemandirian.

Dengan mengangkat tema ‘Menjadikan Kader Penghela yang Siap Siaga Berkepanduan dan Berakhlaq Islami’, kegiatan ini diikuti seluruh siswa kelas X dan XI, serta dihadiri langsung oleh Kwarda HW Lamongan.

“Dalam berhizbul wathan kita harus bisa 4 er, yaitu pinter, karena sebagai kader Muhammadiyah kita dituntut untuk selalu bisa beradaptasi dengan keadaan yang berubah serba cepat. Kemudian  kober, ada dan tidaknya gerakan HW tergantung pengurusnya kober atau tidak dalam ber HW, muter, sebagai kader HW kita harus selalu menggali pengetahuan tidak hanya di satu tempat saja. Dan terakhir yakni banter, kita juga harus cepat tanggap dengan tanggung jawab dan tugas yang diberikan pada kita” jelas Su'udi Mukram salah satu anggota Kwarda HW Lamongan.

Sebagai kader, lanjut Su’udi, HW dan Muhammadiyah harus memiliki karakter AKIK yaitu aktif,  kreatif,  inisiatif,  dan komunikatif.

“Dengan karakter yang demikian akan membawa kemajuan dan roda organisasi akan tetap berjalan dan akan membawa kemajuan bagia HW dan Muhamadiyah,” imbuh Su'udi.

Selaras dengan hal itu, Lilik selaku Kepala sekolah mengimbau para peserta agar bisa mengikuti kegiatan dengan tertib dan baik.

“Semoga para peserta bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari apa yang diberikan dalam kegiatan ini, serta mampu mengaplikasikannya,” ujar Lilik. (tuti)

Kontributor : Aris Syahroni

 

Shared:
Shared:
1